Terkini

4 Mahasiswa Agroteknologi Ciptakan Pupuk Organik Cair Denaya’09

[Suakaonline]-Empat mahasiswa jurusan Agroteknologi UIN SGD Bandung, Achmad Fauzan, Yosi Saeful Mikdar, Yusuf Ardi dan Yogi Zatnika, membuat pupuk organik cair dengan nama Denaya’09.

Denaya’09 merupakan formula yang dibuat khusus untuk merangsang pertumbuhan dan kesuburan segala jenis tanaman terutama untuk memperbanyak dan memperbesar buah.

Ide membuat pupuk organik yang digawangi oleh empat mahasiswa semester 7 ini berawal dari fenomena permasalahan di dunia pertanian, dimana para petani masa kini lebih sering menggunakan bahan kimia atau bahan anorganik untuk melakukan budidayanya.

Perlu diketahui, bahwa penggunaan bahan-bahan kimia dalam pertanian akan memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan apabila hasil pertanian tersebut dikonsumsi oleh masyarakat. Selain bahaya kesehatan, penggunaan bahan-bahan kimia dalam jangka panjang juga akan membuat tanah-tanah pertanian Indonesia menjadi semakin keras sehingga menurunkan produktivitasnya.

Sejak revolusi hijau 60 tahun yang lalu, penggunaan bahan anorganik pada lahan pertanian meningkat sangat tajam. Kondisi ini menyebabkan petani sangat tergantung pada pupuk anorganik.

“Kita ingin ada suatu produk yang tidak terbuat dari bahan berbahaya, kita ingin mengenalkan bahwa dengan menggunakan bahan organik pun masih bisa menghasilkan produksi pertanian yang tak kalah baiknya,” ujar Yosi, Selasa (13/11).

Pupuk cair organik Denaya’09 telah diperkenalkan kepada para petani di Jawa Barat, seperti Garut, Pangalengan, Sukabumi, Sumedang, dan pusat-pusat pertanian lainnya. Dengan adanya pupuk organik cair Denaya’09 ini diharapkan para petani di Indonesia dapat meningkatkan produksi pertaniannya.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas