Kampusiana

Perpustakaan UIN Bandung Akhirnya Berlangganan E-resources

Akhmad Nouval sedang memberikan sosialisasi mengenai cara menggunakan website e-resources di ruang seminar Perputakaan UIN SGD Bandung, Jumat (5/2/2016). Ia merupakan perwakilan EBSCO, perusahaan penyedia e-resource yang berkantor pusat di Amerika Serikat. (SUAKA/Ayu Pratiwi)

Akhmad Nouval sedang memberikan sosialisasi mengenai cara menggunakan website e-resources di ruang seminar Perputakaan UIN SGD Bandung, Jumat (5/2/2016). Ia merupakan perwakilan EBSCO, perusahaan penyedia e-resource yang berkantor pusat di Amerika Serikat. (SUAKA/Ayu Pratiwi)

SUAKAONLINE.COM – “UIN masih tertinggal soal langganan e-resources,” ungkap Ija Suntana, Kepala Pusat Perpustakaan UIN SGD Bandung, Jumat (5/2/2016). Dirinya juga mengatakan, bahwa e-resources adalah salah satu syarat untuk meningkatkan akreditasi kampus.

Untuk mengejar ketertinggalan itu, akhirnya pada 5 Februari 2016 kampus hijau resmi bekerja sama dengan 2 pihak asing penyedia e-resources. Setelah mencari pihak terkait, akhirnya UIN SGD Bandung memilih EBSCO dan Cambridge Univercity Press.

“Sejak pertengahan bulan lalu (Januari) kami mencari dan terpilihlah 2 penyedia e-recources terdepan di Indonesia,” ujarnya, Jumat (5/2/2016). Ia menambahkan, setelah resmi berlangganan, pihak perpustakaan langsung mengadakan sosialisai penggunaan E-resouces.

Pihak perpustakaan UIN SGD Bandung mengadakan Sosialisasi Penggunaan E-Resources di ruang seminar perpustakaan. Sosialisasi ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari , perwakilan UKM, dan mahasiswa tingkat akhir. Sosialiasasi ini menjelaskan cara mengunduh dan mengunggah, jurnal ilmiah. Selain itu, cara mengunduh e-books, penggunaan pustaka juga dipaparkan.

“Kerja sama ini akan berlangsung hingga satu setengah tahun kedepan. Seluruh civitas harus memanfaatkan fasilitas ini,” ujar Ija Suntana saat ditemui Suaka usai acara. Maka dari itu, ia mengimbau kepada perwakilan HMJ untuk segera menyebarkan informasi ini. Selain itu, ia juga menghimbau para dosen untuk menggencarkan penggunaan e-resources ini dalam kegiatan pembelajaran.

Sosialisasi dari penerbit Cambridge University Press disampaikan oleh Clara Pinta Ruth J. yang merupakan marketing CV. Media Buana dan  mewakili Cambridge University Press di Indonesia. Sementara itu, perusahaan EBSCO diwakili oleh Akhmad Nouval.

Akhmad Nouval mengatakan, UIN SGD Bandung berlangganan Arab World Research Source kepada EBSCO. Di dalamnya terdapat puluhan ribu referensi mulai dari jurnal, e-books, artikel, berita, video dan sebagainya dari berbagai bidang ilmu. Dari banyaknya jumlah tersebut terdapat puluhan sumber yang menggunakan Bahasa Arab.

“Dengan menggunakan referensi dan menghasilkan karya berbasis internasional, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa.” pungkasnya saat ditemui usai acara, Jumat (5/2/2016).

Reporter : Fitriani Utami Dewi

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas