Kampusiana

Tingkatkan Kedisiplinan, Masadenta Benahi Kinerja Satpam dan OB UIN Bandung

Budiyono, Chief of Security di kampus UIN SGD Bandung, saat bertugas di tempat kerjanya, di depan gedung Rektorat, Selasa (9/2/2016). (SUAKA/Restia Aidilia Joneva)

Budiyono, Chief of Security di kampus UIN SGD Bandung, saat bertugas di tempat kerjanya, di depan gedung Rektorat, Selasa (9/2/2016). (SUAKA/Restia Aidilia Joneva)

SUAKAONLINE.COM – PT. Masadenta merupakan perusahaan baru yang kini bertanggungjawab dalam kinerja Satuan Pengamanan (Satpam) dan Office Boy (OB) di kampus UIN SGD Bandung, sejak satu bulan lalu. Keluar sebagai pemenang tender, pihak Masadenta terhitung dari tanggal 4 Januari lalu melakukan pembenahan di kampus UIN Bandung.

Pembenahan dilakukan langsung oleh Koordinator PT. Masadenta, Budiyono bersama pihak Satpam dan OB. Sebelum memberlakukan sistem yang baru, Budi, sapaan lak-laki yang juga menjabat sebagai Chief of Security ini terlebih dahulu melakukan survei di lapangan. “Mulai kerja itu dari tanggal 4 Januari, dua minggu itu kita mulai lakukan pembenahan, lihat lokasi, dan tanya sama pihak OB apa yang kurang atau kendalanya bagaimana,” ujarnya saat ditemui di kantor PT Masadenta, di depan Gedung Rektorat UIN SGD Bandung, Selasa (9/2).

Budi menjelaskan, dipilihnya PT. Masadenta merupakan tanggungjawab baru bagi dirinya sebagai Koordinator dari perusahaan. Sebelumnya, PT. Masadenta sendiri memberikan pembekalan kepada OB, seperti pengenalan alat, pembagian jam kerja, dan juga fasilitas.

Menurut Budi, saat ini perusahaan tempat ia bekerja sedang memberikan sistem baru dan pembenahan untuk kampus UIN SGD Bandung. Tidak hanya dituntut bekerja, namun kedisiplinan, sikap dan karakter diri Satpam dan OB juga dibentuk yang menjadi visi tersendiri dari perusahaan.

“Saat ini Satpam dan OB itu diatur sesuai kebutuhannya. Setelah mereka paham sama jobdesk, tahu sama fasilitas dan penggunaanya, maka mereka baru bekerja. Saya sendiri sebagai koordinator juga langsung turun tangan, karena cara kita adalah persuasif, saya tegaskan kepada anggota, jangan sampai lepas tangan dalam bekerja,” kata Budi.

Tak hanya itu, dari segi fasilitas, Budi pun mengakui selalu mengusahakan. Untuk Satpam khususnya, kini dilengkapi dengan seragam, ada tiga jenis seragam yaitu Safari, Pakaian Dinas Harian (PDH), dan Pakaian Dinas Lepas (PDL), topi, dan helm. Sementara OB dilengkapi juga dengan seragam, fasilitas pembersih, dan kendaraan untuk pengangkut sampah.

Salah satu OB yang bertugas di Al-Jami’ah, Entang, mengatakan bahwa dengan adanya perusahaan baru saat ini kinerja para OB lebih baik, karena adanya fasilitas yang disertai dengan kenaikan gaji. “Iya gitulah, lebih lumayan dari yang kemarin. Sekarang juga Alhamdulillah naik, lebih jelas kerjanya,” ujarnya.

Melalui kedisiplinan yang ditegaskan dan diterapkan, Budi mengatakan tidak ada kesulitan dalam prosesnya, karena ia lebih menerapkan cara persuasif dengan anggota, baik Satpam atau OB. “Sikap seseorang mungkin bisa diubah, tapi kalau karakter itu susah. Saya sebagai coordinator dari Masadenta ingin bertahap saja, melakukan pembenahan dan perubahan. Agar UIN Bandung lebih baik, Masadenta pun bekerja dengan baik,” paparnya diiringi tawa.

Reporter : Restia Aidila Joneva
Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas