Kampusiana

Summer Enrichment, Langkah Awal FISIP Dalam Ranah Internasional

(dok. Pribadi)

(dok. Pribadi)

SUAKAONLINE.COM – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN SGD Bandung melaksanakan program Internasional Summer Enrichment bekerja sama dengan Universitas of Malaya, Malaysia. Dibawah kontrol Biro Kerjasama FISIP UIN SGD Bandung, 20 mahasiswa terpilih menjadi delegasi dan dikirim ke Malaysia pada tanggal 17 Januari – 07 Februari lalu.

Dekan FISIP, Sahya Anggara menjelaskan melalui program Summer Enrichment, pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di Malaysia tersebut menjadi langkah awal FISIP UIN SGD Bandung dalam program Student Exchange. Program tersebut dilaksanakan untuk ruang lingkup mahasiswa terpilih guna menambah wawasan dan bersaing dengan dunia luar.

“Kegiatan yang bermanfaat seperti itu akan menjadi tolak ukur mahasiswa kedepannya sebagaimana Experience is the best teacher. Dimana nantinya mereka akan mengetahui betapa masih ada kekurangan yang di miliki mahasiswa kita bila di bandingkan dengan luar,” Tegas Sahya saat di temui Suaka di ruang kerjanya, Rabu (10/2/2016).

Selain program Summer Enrichment, rencananya tahun ini akan diadakan seminar Asia-Pasifik di UIN SGD Bandung yang melibatkan 9 negara. Kemudian, Sahya juga berencana mengadakan program Kuliah Kerja nyata Mahasiswa (KKM) Internasional.

Ketua Delegasi Program Summer Enrichment, Rifki Jundulloh menjelaskan bahwa sebelum berangkat ke Malaysia, peserta telah diberi pembekalan selama 2 bulan. Pembekalan tersebut diberikan guna mempersiapkan peserta untuk bersaing dan silahturahmi dengan para mahasiswa yang berasal dari negara lain. “Itu semua membuat meningkatnya kemampuan bahasa Inggris dan kepercayaan diri kami. Hal itu sangat bermanfaat,” kata Rifki, Selasa (9/10/2016).

Rifki menjelaskan dengan adanya pembinaan dan persiapan tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk menunjukan budaya yang ada di Indonesia dan kualitas sebagai orang Indonesia yang mampu bersaing dengan mahasiswa luar dan mahasiswa di Universitas Malaya tersebut. Hal itu terbukti dengan penampilan yang di tunjukan oleh beberapa mahasiswa delegasi UIN SGD Bandung.

Untuk kedepannya, Sahya berharap program ini dapat menjadi acuan bagi fakultas-fakultas lain untuk melakukan program tingkat internasional. “Langkah awal ini baru melibatkan mahasiswa kami, untuk selanjutnya kami akan mengusahakan untuk membuka untuk fakultas-fakultas lain.”

Reporter : Ayu Kartika Listiyana/Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas