Terkini

Jalaluddin Rachmat: Tasawuf, Orang yang Berbicara Dengan Seluruh Jantungnya

 

[Suakaonline]-Tasawuf, Orang yang Berbicara Dengan Seluruh Jantungnya. Kalimat tersebut diungkapkan Jalaluddin Rachmat di Aula Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung dalam rangkaian acara milad Jurusan Tasawuf Psikoterapi, Senin (03/12).


Dalam diskusi panel tersebut, Jalaluddin menyampaikan materi terkait postmodernisme. Definisi postmodernisme menurut Jalaluddin ialah membuat makna menjadi lebih relatif.  Dalam post modernisme tidak ada kebenaran mutlak karena hal tersebut berdasarkan perspektifisme.


“Postmodernisme adalah karakter pada abad masa kini. Dan sufisme menjawab tantangan postmodernisme, sufi adalah seseorang yang melakukan perjalanan untuk mengenal Allah,” ucap Jalaluddin saat memberikan materi.


Bukan hanya sekedar penyampaian materi saja, Jalaluddin juga menayangkan video terkait dengan tasawuf dan postmodernisme. Menurutnya, tasawuf ialah perjalanan untuk bertemu dengan wajah tuhan, dan seorang Sufi, bisa mengenal wajah tuhan hanya dengan mengenal Allah melalui sifat-sifatnya.


“Kita mengenal Allah dengan cara harus mencintai-Nya,” lanjutnya.


Selanjutnya, Jalaluddin juga memberikan komentarnya terkait tasawuf yang pada dasarnya dimulai dengan cinta, “Dalam cinta tidak ada yang berlebihan dan sulit diungkapkan,” ujarnya.


Di akhir diskusi, Jalaluddin mengatakan tasawuf bukanlah urusan pemikiran tapi urusan kenikmatan.

 


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas