Kampusiana

Menwa UIN Bandung Kukuhkan 22 Anggota Baru

Peserta diklat berfoto bersama dengan para Senior, Pelatih dan perwakilan dari Dodik Secapa Rindam 3 Siliwangi, Pangalengan di depan Aula Multipurpose UIN SGD Bandung, Jumat (12/2/2016) usai Upacara Penutupan Diklat Sarmil Oprasi Patahilah Komando Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi Berdiri Sendiri yang ke-30.

Peserta diklat berfoto bersama dengan para Senior, Pelatih dan perwakilan dari Dodik Secapa Rindam 3 Siliwangi, Pangalengan di depan Aula Multipurpose UIN SGD Bandung, Jumat (12/2/2016) usai Upacara Penutupan Diklat Sarmil Oprasi Patahilah Komando Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi Berdiri Sendiri yang ke-30. (Riska Yunisyah Imilda/ Magang)

SUAKAONLINE.COM, — Resimen Mahasiswa Mahawarman (Menwa) Kompi Berdiri Sendiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung kukuhkan 22 anggota baru pada kegiatan Upacara Penutupan Diklat Sarmil, Jumat (12/2/2016) di halaman Aula Multipurpose. Dua puluh dua anggota baru yang terdiri dari 20 anggota Menwa UIN Bandung dan 2 anggota lainnya dari STAI Al-Jawami ini dilantik oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan UIN SGD Bandung, Asep Saepuddin Malik.

“Upacara ini sebagai tahap akhir dari proses-proses kegiatan yang diadakan sebelumnya selama satu bulan yang diadakan di tiga tempat dan tiga tahap berbeda,” ujar Ketua Umum Menwa UIN SGD Bandung, Wiguna, Jum’at (12/2/2016).

Memang tidak mudah menjadi anggota Menwa UIN SGD Bandung, lanjut Wiguna, ada tiga tahapan yang harus peserta ikuti dengan baik. Tiga tahapan tersebut antara lain, Pra pendidikan (Pradik), Diklat Sarmil, dan Latihan pemantapan.

“Pra pendidikan dilaksanakan tanggal 18 – 22 Januari 2016 di Kampus baru UIN, dilanjut tahap Diklat Sarmil tanggal 22 Januari – 8 Februari di Dodik Pangalengan, dan terakhir Latihan Pemantapan pada tanggal 8 – 11 Februari di Curug Pangalengan,” ujar Wiguna pada Suaka.

Tak hanya itu, setelah dilantik anggota baru Menwa ini masih harus melalui tahapan pembinaan selama tiga bulan untuk mengembangkan mental menjadi seorang Menwa yang matang dan berguna bagi lingkungan, agama, dan negara.

“Kami sangat berharap anggota baru ini menjadi orang-orang yang beragama, berbangsa, dan bernegara. Menjadi panutan dan bisa mengharumkan Kompi BS UIN SDG Bandung. Serta ikut berkontribusi dalam kegiatan pengamanan di wilayah UIN SGD Bandung,” harap Wiguna diakhir wawancara.

Rasa bangga dan haru tercurahkan pada upacara ini. Salah satu orang tua peserta yang telah hadir diberi amanat untuk memasangkan baret ungu di kepala anaknya saat selesai upacara penutupan. “Alhamdulilah, saya merasa bangga dapat menyaksikan anak saya, dan saya berharap dengan apa yang dipilihnya dapat membanggakan serta bermanfaat bagi bangsa dan Negara,” ujar salah satu orang tua peserta, Riyadi Akmal.

Selain Kabag kemahasiswaan dan orang tua peserta, upacara ini juga turut dihadiri oleh berbagai instansi Kepolisian, Koramil, dan Bintara. Penampilan dari para anggota Diklat Sarmil, mulai dari seni beladiri, senam senjata, dan adegan simulasi penyelamatan menjadi sajian penutup upaca tersebut.

Reporter: Chairul Fauzi Maulana │Riska Yunisyah Imilda│Bella Rosalina/ Magang

Redaktur: Ridwan Alawi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas