Lintas Kampus

Bandung Foodtruck, Komunitas Foodtruck Pertama di Indonesia

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

SUAKAONLINE.COM, Bandung — Berawal dari keinginan memiliki tempat berjualan sendiri bagi para pedagang pengguna foodtruck, Rezha Noviandi bersama kelima temannya berinisiatif membuat sebuah komunitas pedagang pengguna foodtruck di Bandung dengan nama Bandung Foodtruck. Foodtruck adalah kendaraan yang dirubah menjadi etalase belanja.

“Tujuannya agar para pedagang foodtruck ini memiliki tempatnya sendiri untuk berjualan, kan sayang juga kalau saya udah invest besar-besar tapi jualan tetep aja dipinggir jalan,” ungkap Rezha yang juga sebagai Ketua Bandung Foodtruck, Minggu (14/02/16). Akan sangat menyenangkan, tambah Rezha bisa berjualan dan berkumpul bersama, akhirnya dari sana terbentuklah komunitas tersebut.

Bersamaan dengan digelarnya Bandung Culinary Night pertama, tercetuslah awal mula ide membuat komunitas Bandung Foodtruck ini. Senin 3 Maret 2014 menjadi tanggal resmi terbentuknya komunitas ini. Komunitas ini pertama kali menggunakan nama Bandung Creatif Foodtruck Community (BCFC), namun dengan berbagai pertimbangan pencetus komunitas, BCFC berubah nama menjadi Bandung Foodtruck.

Sedikit bercerita, Rezha mengatakan foodtruck berasal dari Amerika kemudian diadopsi dan ia mengklaim, Bandung tempat pertama menjamurnya foodtruck Indonesia. “Awal mulanya foodtruck itu sebenarnya dari Amerika, kemudian bisa menjamur dimana-mana. Tapi tetap pada awalnya itu ada di Bandung,” kata Rezha. Saat ini Bandung Foodtruck sudah memiliki tempat berjualan permanen di Stadion Siliwangi.

Bandung Foodtruck sempat mendapat perhatian dari pemerintah Kota Bandung untuk mengembangkan sayapnya, namun hingga saat ini tawaran itu belum terealisasi. “Tahun lalu saya sempat diundang ke Pendopo oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan diajak untuk mengisi program Bandung, beliau menyediakan 13 titik tempat khusus di kota Bandung. Namun hingga saat ini belum ada follow up lagi,” ujarnya.

Angga selaku salah satu dari pewirausaha Bandung Foodtruck mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya komunitas Bandung Foodtruck. Dengan komunitas ini ia dapat mengetahui referensi tempat dan acara-acara untuk berjualan serta hal lainnya tentang foodtruck. Yang terpenting baginya adalah menambah teman dan relasi. “Sangat terbantu terutama mengenai tempat-tempat dan event-event buat jualan,” ujar pemilik Sanguan Foodtruck ini.

Hingga saat ini Bandung Foodtruck telah memiliki anggota hingga 36 pewirausaha yang tersebar di Bandung, meski hanya 27 anggota yang aktif. Jenis mobil yang biasa digunakan yaitu mobil-mobil klasik, Granmax, Foton, dan Datsun.

Tahun 2016 ini genap dua tahun sudah umur Bandung Foodtruck, tepatnya pada bulan Maret mendatang. Meski baru seumur jagung, Rezha pun mengklaim Bandung Foodtruck ini merupakan komunitas foodtruck pertama di Indonesia.

Reporter: Hasna Salma

Redaktur: Ridwan Alawi

3 Komentar

3 Comments

  1. geza

    4 April 2017 at 16:46

    minta contact person nya bisa mas ini no tlp sya ( 082281860726 )

  2. Dedi h

    3 Juli 2017 at 06:25

    Minta no hp & WA nya saya mau kerjasama ngadain acara di bubat

    • Dedi h

      3 Juli 2017 at 06:26

      Di bubat bandung minggu sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas