Terkini

Penelitian Kinerja Dosen Hendaknya Tidak Hanya Jadi Formalitas Semata

 

[Suakaonline]-Setiap jurusan pasti menginginkan dosen yang terbaik untuk mahasiswanya, sehingga segala upaya pun dilakukan demi terwujudnya keinginan tersebut. Termasuk melakukan penelitian kinerja dosen seperti yang dilakukan oleh jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH) UIN SGD Bandung sepekan sebelum Ujian Akhir Semester semarak dimulai.


Respon positif datang dari mahasiswa jurusan PMH ketika mereka mulai mengisi angket penelitian kinerja dosen yang dibagikan oleh pihak jurusan. Salah satunya datang dari Ketua BEM-J PMH Maulana Ni’ma Al-Hizbi.


“Saya sangat apresiatif dengan adanya terobosan yang dilakukan jurusan ini. Saya akui bahwa dosen-dosen di Fakultas Syari’ah tidak semua memilki kapasitas yang mumpuni, baik di bidang keilmuan maupun akhlak,” ujarnya ketika diwawancara, Kamis (13/12).


Ada tiga aspek yang menjadi pokok penelitian. Dimulai dari aspek paedagogis, profesionalisme, serta etika dalam mengajar. Namun, ada beberapa persoalan yang sering terjadi terkait dengan penelitian kinerja dosen, seperti yang diungkapkan oleh Tajul Arifin.

 

“Persoalan di kita, keterbatasan dosen apalagi dosen tetap. Baik atau tidak baik seorang dosen biasanya tetap ‘dipakai’,” ujar Tajul saat diwawancara, kamis (13/12).

 

Penelitian seperti ini, hendaknya tidak hanya menjadi formalitas belaka. Tetapi harus benar-benar dirasakan manfaatnya baik oleh mahasiswa maupun oleh dosen yang bersangkutan. Pemberian penghargaan kepada dosen yang memiliki kinerja baik pun sangat perlu dilakukan.

 

“Penelitian kinerja dosen seperti ini sering kali tidak ditindaklanjuti, karena terbentur dengan pendanaan. Namun, jurusan dapat memberikan penghargaan kepada dosen yang dinilai baik oleh mahasiswa. Tidak hanya dalam bentuk materi, mungkin bisa dengan semakin banyak dilibatkan dalam berbagai kegiatan, atau mungkin dalam bentuk selembar sertifikat,” tambah Tajul yang menjadi salah satu objek pada Penelitian kinerja Dosen tersebut.

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas