Terkini

Terkait Sampul Depan Tempo, Rizal Mallarangeng Tak Perlu Tersinggung

 

[Suakaonline]-Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Eko Maryadi  beranggapan sampul depan majalah Tempo edisi 17-23 Desember 2012 tidak melanggar kode etik jurnalistik.

 

Sampul depan dengan edisi berjudul “Tiga Mallarangeng” tersebut menggambarkan Andi Alifian Mallarangeng dan Andi Rizal Mallarangeng  sedang berdiri di atas perahu sambil menggendong gulungan dollar Amerika Serikat, sedangkan Zulkarnen Mallarangeng memegang bungkusan poundsterling.

 

Rizal Mallarangeng merasa keberatan atas gambar dirinya dengan kedua saudaranya pada sampul depan Majalah Tempo. Ia pun telah melaporkan Tempo kepada dewan pers.


Eko mengatakan bahwa Rizal Mallarangeng tak perlu tersinggung dengan isi sampul majalah mingguan tersebut. Terlebih mereka adalah public figure yang harus terima baik atau buruk sebuah pemberitaan ataupun kritik dari pers.


“Saya kira tak ada masalah dengan isi sampul depan majalah Tempo tersebut. Itu hanya dijejerkannya tiga anggota keluarga Mallarangeng yang kedua diantara mereka tersangkut kasus korupsi. Terlebih Rizal dalam sampul depan tersebut tidak direpresentasikan sebagai koruptor,” ujar Eko kepada Suaka, Rabu (19/12).


Eko menambahkan bahwa setiap warga negara berhak untuk tidak setuju dengan pemberitaan asalkan ditempuh melalui jalur yang tepat. Seperti melayangkan hak jawab terhadap media yang bersangkutan ataupun mengadukannya ke Dewan Pers. Termasuk kasus seperti Rizal Mallarangeng dengan Tempo.


“Sebenarnya apabila Rizal merasa Tempo telah menghina diri dan keluarganya, Rizal tinggal melayangkan surat ke Tempo berbentuk hak jawab. Namun, sejauh ini saya lihat Rizal masih prosedural dalam melayangkan gugatan,” pungkasnya.


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas