Kampusiana

Terakreditasi A , KPI Rencanakan Go Internasional

Antusiasme Masyarakat KPI  menyambut Group Band Arabic Nebrazz di acara Tasyakur  Akbar Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dalam  rangka  merayakan keberhasilan Jurusan KPI meraih Akreditasi A, di Auditorium UIN SGD Bandung Rabu (24/02/2016). (Elya Rafsanzani / Magang)

Antusiasme Masyarakat KPI menyambut Group Band Arabic Nebrazz di acara Tasyakur Akbar Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dalam rangka merayakan keberhasilan Jurusan KPI meraih Akreditasi A, di Auditorium UIN SGD Bandung Rabu (24/02/2016). (Elya Rafsanzani / Magang)

SUAKAONLINE.COM, –  Setelah mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK. BAN PT NO. 122/SK/BAN-PT/AKRED/S/X/2015 pada 31 oktober 2015 lalu, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN SGD Bandung merencanakan program Go Internasional sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas jurusan. Hal ini disampaikan oleh ketua jurusan KPI, Muhlis Aliyudin, Selasa (23/02/2016).

Untuk mewujudkan KPI Go Internasional , salah satunya dengan membawa informasi dari KPI ke penjuru negara dengan perantara media sosial dan media informasi lainnya. Muhlis juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini akan diadakan parade mubaligh bagi mahasiswa KPI secara internasional.

Mengenai faktor penunjang jurusan KPI terakreditasi A, Muhlis mengatakan bahwa laboratorium KPI yang berada di atas rata-rata menjadi salah satu faktornya. Faktor lain yang menjadi penunjang meningkatnya kualitas jurusan KPI adalah kegiatan mahasiswa jurusan KPI dan sejauh mana alumni jurusan KPI dapat berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. “Yang menjadi sorotan ketika akreditasi KPI salah satunya adalah kita mempunyai labolatorium dakwah yang bisa disebut sudah satandar nasional,” ujar Muhlis saat ditemui Suaka di ruang kerjanya.

Adapun upaya peningkatan  kualitas jurusan, selain meningkatkan materi kuliah jurusan, akan ditingkatkan pula kualitas komunitas yang ada di jurusan KPI. Ada tiga komunitas yang menunjang jurusan KPI , yaitu khithobah, kitabah, dan i’lam. “Komunitas-komunitas ini dijadikan sebagai sarana mahasiswa KPI untuk menuangkan ide-ide dan bakat yang mereka miliki,” sambung Muhlis.

Selain itu, peran Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dianggap penting untuk jurusan KPI. Menurut ketua HMJ KPI, Yayang Meilinda, upaya yang dilakukakn pihaknya antara lain memanfaatkan dan mengakomodir potensi-potensi yang dimiliki mahasiswa jurusan KPI agar terus berkarya dan berkontribusi untuk jurusan. Menurut Yayang, semangat mahasiswa jurusan KPI untuk bebas berekspresi yang akan menjadikan jurusan KPI lebih maju.

Baca juga:  Bekraf Sosialisasikan 3 Rantai yang ada dalam Dunia Musik

“Yang terpenting bukanlah fasilitas tapi kemauan, karena fasilitas bisa dicari tapi kemauan harus dimunculkan dalam diri sendiri. Dan jurusan KPI ini dapat Go Internasional apabila semua mahasiswa KPI dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas KPI yang telah ada sekarang,” ujar Yayang.

Reporter : Fitri Febrianti Muhimatul Khoiroh / Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas