Kampusiana

FISIP UIN Bandung Rencanakan Tambah Jurusan

Wakil Dekan I bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Encup Supriatna, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/02/2016). FISIP berencana menambah jurusan baru, yaitu jurusan Ilmu Politik dan Manajemen Keuangan Sektor Publik dan program Magister (S2) jurusan Sosiologi. (Wulan Apriani/Magang)

Wakil Dekan I bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Encup Supriatna, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/02/2016). FISIP berencana menambah jurusan baru, yaitu jurusan Ilmu Politik dan Manajemen Keuangan Sektor Publik dan program Magister (S2) jurusan Sosiologi. (Wulan Apriani/Magang)

SUAKAONLINE.COM, – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN SGD Bandung berencana menambah jurusan. Meskipun belum ada verifikasi dan persetujuan dari Rektor, para pimpinan dan tim perencana tengah melakukan persiapan agar renaca tersebut dapat terealisi. Pernyataan ini disampaikan oleh Wadek I bagian Akademik FISIP, Encup Supriatna, Rabu (24/2/2016).

Encup berpendapat, semakin banyak jurusan maka fakultas itu akan semakin bagus. Sebab jika hanya tiga atau dua prodi saja, itu terkesan masih kurang unggul. Jika  jurusan baru ini dibuka maka FISIP akan terliha lebih unggul. Saat ini, FISIP memiliki tiga jurusan yaitu Manajemen, Administrasi Negara, dan Sosiologi.

“Insyaallah, jurusan baru akan dibuka setelah melalui beberapa proses dan mendapat persetujuan dari Rektor. Adapun jurusan baru yang akan dibuka, dari program Sarjana (S1) dua jurusan yaitu Ilmu Politik dan Manajemen Keuangan Sektor Publik serta satu jurusan lagi program Magister (S2) yaitu jurusan Sosiologi,” papar Encup.

Encup menjelaskan, jurusan-jurusan tersebut dipilih berdasarkan kesepakatan seluruh jajaran civitas FISIP. Pasalnya, FISIP telah memiliki dosen yang berkompeten di jurusan tersebut. Meskipun, dosen yang akan mengajar di jurusan baru itu merupakan dosen baru dan belum memiliki Nomor Induk Dosen Negri (NIDN) atau yang homebasenya belum dipakai di perguruan tinggi. Namun, dosen tersebut diyakini dapat mengurus jurusan yang masih direncanakan oleh pihak FISIP. Adanya jurusan baru, diharapkan dapat mengharumkan nama baik FISIP dan dapat menarik minat para mahasiswa baru nanti.

Baca juga:  Menanggulangi Hoax Dengan Jurnalisme Data

Lebih lanjut, permasalahan dalam merealisasikan penambahan jurusan tersebut adalah gedung kuliah. Melihat jumlah ruang kuliah dan jumlah mahasiswa FISIP yang saat ini dibilang penuh, Encup menyerahkan perihal penambahan fasilitas ini pada kebijakan Rektor. “Untuk dosen sudah dipersiapkan. Kami juga mengandalkan alumni untuk membantu mengajar. Selebihnya, masalah sarana dan prasarana serta lain sebagainya diserahkan kepada kebijakan Rektor dan menugaskan kepada pihak yang berwenang dalam urusan sarana dan prasarana,” kata Encup.

Selanjutnya, Encup menegaskan, untuk daya tampung kuota mahasiswa akan disesuaikan dengan ruang kuliah. Berhubung jurusan baru, maka kuota mahasiswa disesuaikan dengan ruang kuliah dan sumber daya dosen yang ada agar tidak terjadi hal-hal yang sekiranya menggangu proses akademik. “Jika sudah pasti ada penambahan ruang kuliah, daya tampung memungkinkan cukup banyak tapi jika ruang kuliah tidak ditambah maka hanya menampung beberapa kelas saja,” tutup Encup.

Reporter : Wulan Apriani / Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas