Kampusiana

Motivasi Menghafal Al-Quran Melalui HPQ

Mahasiswa sedang mengikuti kegiatan launching Halaqah Penghapal Al-Quran (HPQ) di masjid Iqomah, Kamis (25/2/2016). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa untuk mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an. (Khairul Umam/Magang)

Mahasiswa sedang mengikuti kegiatan launching Halaqah Penghafal Al-Quran (HPQ) di masjid Iqomah, Kamis (25/2/2016). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa untuk mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an. (Khairul Umam/Magang)

SUAKAONLINE.COM — Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) bekerjasama dengan Unit Pengembangan Tilawatil Quran (UPTQ) UIN SGD Bandung menggelar launching Halaqah Penghafal Quran (HPQ) di masjid Iqomah, Kamis (25/2/2016).  Kegiatan yang bertajuk “Khotmil Qur’an dan Motivasi Mengafal Al-Quran” ini dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa untuk mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Hajir Tajiri.

Untuk memudahkan mahasiswa dalam menghafal A-Qur’an, Hajir Tajiri menganjurkan mahasiswa untuk memanfaatkan smartphone dan gadget dengan menginstal Al-Qur’an digital. Pasalnya, hampir seluruh mahasiswa UIN Bandung memiliki smartphone. “Jadikanlah gadget kalin sebagai media belajar Al-Quran,” ungkap Hajir Tajir dalam sambutannya.

Hajir menambahkan, UPTQ  akan memberikan sertifikat kepada para hafidz sebagai bentuk apresiasi. Meskipun tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat, harus ada upaya untuk menghafal sedikit demi sedikit. “Misalkan jumlah ayat yang banyak kita coba cicil. Seandainya satu hari 12 ayat, habis shalat dhuhur 3 ayat, habis ashar 3 ayat, sampe isya juga 3 ayat, baru subuh murajaah. Lumayan kan kalau sebulan 360 ayat,” lanjut Hajir.

Dengan adanya kegiatan ini, Dekan FDK, Ahmad Sarbini berharap, lulusan FDK memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran minimal juz 30. Selain itu, FDK akan menambah target hafalan untuk syarat kelulusan. “Program menghafal ini nantinya akan menjadi salah satu syarat sidang munaqosah bagi mahasiswa,” kata Sarbini.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Nizar Ashab sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa FDK yang berniat menambah hafalannya. “Mudah-mudahan kedepannya fakultas semakin menambah standarisasi jumlah hafalan bagi calon sarjana nantinya,” kata Nizar.

Selain Dekan FDK, ketua Pusat Studi Dakwah Al-Mustanir, Ahmad Humaedi, seluruh jajaran jurusan di FDK dan mahasiswa dari fakultas lain juga hadir dalam kegiatan ini.

Reporter : Awallina Ilmiakhanza / Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas