Kampusiana

Hari Libur Bukan Alasan Untuk Menghentikan Aktifitas Kuliah

 

[Suakaonline]-Selasa (25/12) pagi, bertepatan dengan Hari Raya Natal,  kampus UIN SGD Bandung tampak sepi dari lalu lalang mahasiswa yang biasa menjalankan aktifitas kuliahnya.  Sudut-sudut kampus pun hening tanpa suara bising yang biasa terdengar. Hanya pegawai proyek yang terlihat sibuk dengan aktifitasnya, dan beberapa warga sekitar yang hendak memanfaatkan hari libur untuk bermain bersama di area kampus.


Namun, meski kegiatan belajar-mengajar diseluruh lembaga pendidikan di Indonesia dihentikan untuk sementara waktu, ternyata masih ada beberapa jurusan yang terlihat tetap beraktifitas seperti biasa. Diantaranya yaitu jurusan Pendidikan Kimia, Jurusan Tasawuf Psikoterapi, dan jurusan Tehnik Elektro. Berbagai alasan pun mereka ungkapkan.


“Kita tetap masuk kuliah, karena itu permintaan dari kita sendiri. Bukannya gak peduli sama agama lain, tapi kan mayoritas anak UIN itu muslim, jadi kita gak mempermasalahkan. Dan pengen cepet-cepet libur juga sih,” ucap Riska mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia.


Alasan lain diungkapkan Riman, mahasiswa semester satu jurusan Tasawuf Psikoterapi.


“Masa orang lain merayakan Natal, kita harus berdiam diri, gak kerja, gak ngapa-ngapain. Yang penting kita saling menghormati dan saling menjaga”. Katanya.


Senada dengan Riman, ungkapan lain datang dari Widi mahasiswa jurusan Tehnik Elektro yang sedang mengikuti acara Tausiyah Interaktif di Masjid Iqomah UIN.


Ya daripada di kosan kan, liburan paling tiduran, nonton TV. Mendingan kesini, ada Tausiyah Interaktif. Orang lain merayakan hari raya, kita ngisi dengan pengajian aja. Biarkan mereka beribadah, dan kita menjalankan aktifitas kita seperti biasa, itulah toleransi menurut saya,” ungkapnya saat ditemui di teras masjid, Selasa (25/12).

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas