Kampusiana

Fakultas Psikologi UIN Bandung Buka Layanan Unit Psikologi

Konsultasi Psikolog. (Dok. Net)

Konsultasi Psikolog. (Dok. Net)

SUAKAONLINE.COM, — Fakultas Psikologi UIN SGD BDG membuka layanan konsultasi psikologi bernama Unit Psikologi untuk masyarakat umum dari berbagai kalangan. Baik mahasiswa dan dosen fakultas psikologi, maupun mahasiswa UIN Bandung lainnya, bahkan masyarakat diluar Kampus.

“Kami berharap agar Unit Psikologi ini bisa menjadi pusat layanan yang bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh UIN Bandung, tetapi juga oleh seluruh masyarakat Kota Bandung,” ujar ketua pengelola Unit Psikologi Tintin Supriyatin, Rabu (3/2/2016).

Unit Psikologi sebenarnya transformasi dari Biro Pelayanan Psikologi (BPP) yang didirika dari tahun 2009. Saat itu, BPP hanya melayani konsultasi untuk orang-orang internal fakultas saja. Pergantian nama dan alih fungsi dari BPP menjadi Unit Psikologi ini baru dimulai pada akhir tahun 2015 setelah pergantian struktural dekanat Fakultas Psikologi UIN Bandung.

Sesuai dengan visi dan misinya, Unit Psikologi berusaha untuk menjadi pusat layanan psikologi yang berorientasi pada pengembangan dan penerapan psikologi yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal.

Penyakit yang diatasi pun tak hanya gangguan mental atau gangguan jiwa saja, namun juga melayani pelayanan psikologi konseling masalah kehidupan pribadi, tes kematangan masuk SD, deteksi dini tumbuh kembang, akademik di kampus, tes psikologi, tes minat dan bakat, dan tes yang bermitra perusahaan.

“Beberapa tahun kebelakang, sebenarnya kami sudah menerima layanan dari luar. Seperti, tes minat dan bakat di MAN 2 Bandung, SMK 11 Bandung, SMK 8 Bandung, dan pernah juga saat itu di KPU Banjar. Banyaklah pihak luar yang sudah kami layani,” ujar Tintin. Unit Psikologi pun, lanjut Tintin menerima layanan psikologi untuk suatu kelompok atau organisasi, bahkan sebuah mitra perusahaan.

Baca juga:  Zulfa Hendri: Peluang UIN Bandung dalam Financial Market

Waktu pelayanan sangat fleksibel sesuai dengan perjanjian antara kedua belah pihak. Tidak terbatas waktu dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. “Jika masalahnya kecil, konsultasi bisa hanya 30 menit – 1 jam. Tetapi jika masalahnya besar, layanan konsultasi bisa dilakukan beberapa kali pertemuan,” ujar Tintin. Konsultasi, lanjutnya bisa dilakukan dimana saja atau langsung mendatangi Unit Psikolgi di lantai dua fakultas psikologi.

Tentunya pelayanan ini tidak gratis. Setiap layanan akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis konsultasi dan kebutuhan. “Tentu saja ada biaya yang dikenakan untuk setiap layanan. Tarifnya belum bisa ditentukan secara jelas. Karena kami pun masih menunggu keputusan Pak Dekan,” ujar Tintin.

Reporter: Nunung Nurhayati/ Magang

Redaktur: Ridwan Alawi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas