Fresh

Asah Pengetahuan Islam dengan Game Muslim Millioner

Dok.net

Dok.net

SUAKAONLINE.COM, Fresh- Bonjour!  Bagi Fresh Reader yang ingin menambah wawasan kesislaman  ada yang lebih seru loh,  selain  dari membaca buku dan mendengarkan ceramah. Yaitu dengan mencoba game  yang satu ini. Caranya mudah tinggal donwload saja  game  Muslim Millioner yang ada di Google Playstore. Aplikasi ini karya mahasiswa Teknik Informatika UIN SGD Bandung. pada dasarnya game ini sama halnya dengan kuis Who Wants To Be Millioner, hanya saja pertanyaanya  seputar keislam.

Muslim Millioner sudah ada di Playstore sejak bulan September 2015 lalu,  mempunyai tanggapan yang baik dari penggunanya. Dengan jumlah mencapai sepuluh ribu pen-download. Game yang bernuansa edukasi ini cocok sebagai media pembelajaran serta pengasah pengetahuan seputar islam untuk semua umur. Diciptakan oleh Maulana Firdaus alumni mahasiswa Teknik Informatika.

Maula  menuturkan bahwa ide awal pembuatan  game Muslim Millioner  sebenarnya  sudah ada sejak ia duduk di bangku SMP. Terinspirasi dari kuis Who Wants To Be Millioner, namun saat itu belum mengenal cara untuk  membuat game. Setelah selang beberapa tahun, Maulana mulai berkuliah di jurusan Teknik Informatika dan mengembangkan game Muslim Millioner secara iseng sambil menunggu SK. “Kayanya bagus juga kalau ada game Who Wants To Be Millioner versi Islam,” tuturnya saat diwawancarai oleh Suaka melalui email Senin (29/02/2016).

Untuk  bermain game Muslim Millioner  Fresh Reader , bisa memilih dua bahasa bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Kuis ini terdiri dari lima level dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Level  satu, dua dan tiga masing-masing terdiri dari 15 pertanyaan sedangkan untuk  level ekstreme terdiri dari seratus lima puluh pertanyaan seputar islam. Bila mampu menjawab pertanyaanya , Fresh Reader  bisa mampu  maju terus ke babak selanjutnya hingga level paling terakhir.

Baca juga:  Gladi Resik Wisuda Ke - 68 Berlangsung Ricuh

Muslim Millioner di publish oleh  Labkomif UIN SGD Bandung, karena maulana belum memiliki akun sendiri di playstore. Ia juga menuturkan terdapat kendala dari game Muslim Millioner mengenai publikasi, ia juga menambahkan, minat masyarakat yang kurang tertarik terhadap game berbasis edukasi , masyarakat lebih cenderung minat terhadap game yang bernuansa refreshing. “ Sejauh ini kendalanya ada di publikasi, mungkin ditambah kecenderungan masyarakat yang kurang tertarik dengan game bernuansa edukasi, masyarakat lebih berminat pada game yang bernuansa fiksi untuk refreshing,” jelas Maulana.

Saat ini Maulana telah  mendapatkan sejumlah royalty dari game Muslim Millioner. Untuk kedepannya  juga ada rencana publish beberapa aplikasi, dengan ide yang masih dirahasiakan.  Tetapi dibalik  itu Maulana masih kurang puas dengan tampilan antarmuka game nya, ia ingin membuat pengguna game Muslim Millioner nyaman dengan tampilan gamenya, dan akan terus meningkatkan. “jujur saja, saya masih kurang puas dengan interpace-nya, dibeberapa device tampilannya agak kurang bagus, terutama untuk layar dengan ukuran besar,” tutur maulana.

Anggita Nurmalatifah, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pun ikut mengasah pengetahuan seputar islamnya melalui game Muslim Millioner, ia memberikan tanggapan yang baik dengan hadirnya game bernuansa edukasi hasil karya  mahasiswa UIN SGD Bandung. Anggita juga menjelaskan tentang kekurangan game Muslim Millioner. “ Saya bisa mengetahui sejauh mana pengetahuan islam melalui game ini. selain itu ada dua  pilihan bahasa yaitu, Inggris dan Indonesia, namun untuk tampilanya sedikit monoton dan bila menjawab pertanyaanya salah, game tidak memberikan  jawaban yang sebenarnya, jadi langsung ke pertanyaan selanjutnya,” tutur Anggita. So,  Fresh Reader tunggu apalagi, ayo download game Muslim Millioner , sekarang! asah pengetahuan islammu dengan  game Muslim Millioner!

Baca juga:  Acara Puncak Biologi Anniversary Ke - 11

 

  Reporter              : Yulita Bonita / Magang

  Redaktur             : Ulfah Choirun Nissa

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas