Kampusiana

Lagi-lagi Proses Pembayaran SPP dan Praktikum Tersendat

 

[Suakaonline]-Pembayaran SPP dan praktikum semester genap bagi mahasiswa UIN SGD Bandung sudah dapat dilakukan mulai tanggal 7-11 Januari 2013 di BRI seluruh Indonesia dengan menunjukkan NIM saja. Namun, proses registrasi yang menggunakan sistem online tersebut pelaksanaannya tidak semulus jalan tol. Proses registrasi mahasiswa harus tersendat karena tidak berjalannya sistem online tersebut, seperti yang terjadi di hari pertama registrasi, Senin (07/01).


Tampak di beberapa titik tempat pembayaran yakni di BRI cabang Cibiru, BRI UIN, dan BRI cabang Ujung Berung terpantau dipadati oleh ratusan mahasiswa yang akan melakukan proses pembayaran dan registrasi untuk perkuliahan semester genap. Mahasiswa yang hendak melakukan proses pembayaran mulai memenuhi BRI sejak jam operasional bank dibuka, yakni sekitar pukul 08.00 WIB. Antrian panjang penuh sesak pun terlihat hingga jam opersional bank ditutup sore hari, terutama yang terjadi di bank BRI cabang kampus UIN.

 

Sekitar pukul 09.00 WIB terjadi kekhawatiran di wajah para mahasiswa, sebab proses pembayaran dan registrasi  terganggu akibat tidak berjalannya sistem online. Gangguan ini bukan hanya terjadi di BRI wilayah Kota Bandung saja, BRI di luar kota Bandung pun mengalami hal serupa.

 

Aep Saepudin Sutarlan, salah satu mahasiswa asal Padalarang menuturkan bahwa ia sudah mencoba melakukan registrasi di BRI cabang Padalarang, tapi ternyata proses pembayaran tidak dapat dilakukan dengan alasan sistem portal belum dibuka untuk proses pembayaran SPP tersebut.

 

“Tadi saya sudah mencoba membayar SPP lewat bank BRI di Padalarang, tetapi tidak bisa katanya portalnya belum dibuka jadi saya langsung saja ke kampus biar prosesnya lebih cepat,” ucap Aep salah satu mahasiswa jurusan Syiasah semester 1, Senin (07/01).

 

Kekecewaan pun dikemukakan oleh seorang mahasiswi yang tidak ingin disebutkan namanya saat ditemui di sela-sela proses pembayaran di bank unit kerja UIN SGD Bandung.

 

“Dari tadi pagi jam 08.00 nunggu terus sempet ada gangguan jadi tambah lama deh. Ditambah lagi  kurang nyaman lah sama prosedur pembayarannya yang ngantrinya gak teratur begini,” ucapnya.

 

Pengiriman Database Dari Rektorat UIN Lambat

 

Sistem online untuk pembayaran SPP dan praktikum di kampus UIN SGD Bandung yang kurang lebih sudah berjalan selama lebih dari satu tahun ini belum sepenuhnya siap dilaksanakan. Terbukti, setiap tahun proses pembayaran selalu mengalami gangguan. Tentunya hal tersebut menghambat ribuan mahasiswa untuk melakukan transaksi pembayaran SPP yang dilakukan tiap semester.

 

Ganggu server pembayaran online yang terjadi di hari pertama registrasi semester genap ini disebabkan oleh keterlambatan pengiriman database dari kantor Rektorat kampus UIN SGD Bandung. Keterlambatan tersebut mengakibatkan terganggunya proses pembayaran di sejumlah BRI di berbagai wilayah.

 

Ditemui diruangannya, sekertaris bank BRI cabang Ujung Berung Niken mengatakan gangguan ini disebabkan oleh database yang belum selesai dikirim oleh pihak kampus.

 

“Gangguan terjadi karena belum selesainya pengiriman data base dari kantor Rektorat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk mencocokan data, kami perlu data base dari mereka,” ucapnya saat ditemui di kantor BRI cabang Ujung Berung Senin, (07/01).

 

Gangguan terjadi kurang lebih dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB ini menghambat proses pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Namun, pihaknya mengatakan untuk proses pembayaran di hari selanjutnya tidak akan ada masalah dan mahasiswa tidak perlu khawatir.

 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas