Lingkungan dan Kesehatan

Bersantai dan Menikmati Indahnya Curug Citambur

 

[Suakaonline]-Berlibur dan bersantai menikmati keindahan alam curug yang masih asri bisa jadi salah satu tujuan wisata anda. Mencari suasana seperti itu Wana Wisata Curug Citambur di Cianjur Selatan layak anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat dekat.


Curug sendiri merupakan Bahasa Sunda dari air terjun. Curug Citambur ini berada di ketinggian 1.400 di atas permukaan laut, mempunyai ciri khas suara dentuman yang cukup keras dan khas seperti alat musik tambur. Oleh karenanya, curug ini di sebut Curug Citambur.


Emang dulu suara curugnya seperti suara tambur, tapi sekarang mah sudah tidak,“ ujar Sopri (65), selaku pengelola Curug Citambur saat diwawancara, Minggu (30/12).


Untuk sampai ke lokasi wana wisata ini bisa di tempuh melalui beberapa jalur. Yakni dapat melalui Kabupaten bandung, dengan jarak ±40 Km dari arah Ciwidey, dan dari arah Kota Cianjur sekitar ±65 Km.


Curug Citambur merupakan Curug tertinggi di Jawa Barat, dengan ketinggian ±100 meter. Curug ini  memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan curug-curug lainnya. Besarnya volume air yang menghantam permukaan sungai menjadikan curug ini selalu diselimuti kabut tipis. Selain itu bila mengunjungi tempat ini pengunjung  akan disuguhi udara yang dingin nan sejuk.


Wana Wisata yang berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur ini, selain terdapat curug juga terdapat rawa  berair jernih yang bisa digunakan untuk kegiatan hobi seperti mancing dan bermain air. Pengunjung pun tidak perlu merogok kocek terlalu dalam, hanya dengan membayar karcis seharga Rp.2.500,- pengunjung bisa langsung menikmati indahnya wana wisata Curug Citambur.


Menurut Sopri, puncak jumlah wisatawan yang datang ke Curug ini biasanya ketika
libur akhir pekan, dan libur setelah Idul Fitri.
Namun kurangnya perhatian pemerintah menjadi salah satu kendala wana wisata ini tidak begitu dikenal. Padahal sangat berpotensi besar untuk menarik wisatawan yang berkunjung.


“ Ya, sampai saat ini pemerintah belum ada bantuan sama sekali, hanya wacana saja dari dulu, tapi realisasinya belum. Tapi insya allah bulan Februari 2013 bakal ada bantuan,” pungkas Sopri.

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas