Pendidikan dan Budaya

Ulen, Makanan Pengganti Nasi yang Kaya Manfaat

 

 

[Suakaonline]-Ulen merupakan makanan berbahan utama beras ketan baik ketan putih atau hitam. Selain dapat dijadikan pengganti nasi atau lontong, ulen kaya akan manfaat untuk tubuh manusia.

 


Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar ketan ulen ini didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Selain itu, ketan ulen mengandung protein, vitamin, mineral, dan air yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.


“Biji beras ketan mempunyai sifat melembutkan, mematangkan, dan agak lengket yang dapat dicegah bila direndam dengan air. Biji beras ketan juga sulit dicerna, tetapi mengandung banyak gizi,” ucap Opur, Warga Pasir Kandang, Cianjur menjelaskan, Selasa (08/13).


“Selain dapat membantu menyembuhkan batuk, menghilangkan uap yang terakumulasi dalam paru-paru. Biji beras ketan menambah produksi sperma, tetapi menimbulkan sembelit, kecuali kalau dimakan bersama buah delima pahit,” tambahnya.


Disamping bermanfaat  untuk dijadikan berbagai makanan khas daerah yang lezat, Ulen  berkhasiat membantu pembentukkan sel darah merah. Sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap beberapa penyakit. Soalnya, ketan yang merupakan bahan utama membuat ulen  memiliki kandungan zat besi hingga 15,52 ppm.


“Karena besar manfaat dan khasiatnya, ketan hitam layak dimasukkan wisata kuliner sebagai makanan yang menyehatkan seperti kebanyakan yang ada di Cianjur,” ucap Ibad, Warga asli Cianjur sambil tersenyum ketika diwawancara di waktu yang sama.


Dalam hal membuat ulen juga tidak sulit. Tata caranya sama saja dengan membuat opak yaitu, masak ketan sampai matang lalu tumbuk hingga halus dan bentuk sesuai selera.


 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas