Kampusiana

KSR-PMI, UKK Baru di UIN Bandung

 

 

[Suakaonline]-KSR-PMI (Korp Sukarelawan Palang Merah Indonesia) merupakan salah satu UKK baru yang ada di UIN SGD Bandung. Organisasi ini diperkasai oleh dua mahasiswa Psikologi semester 5 yang juga anggota KSR-PMI Kota Bandung yaitu Luqman Nurdiansyah dan Ibnu Mahbub.


Organisasi ini cukup banyak diminati oleh para mahasiswa sejak kemunculannya pada September 2012  lalu. Hingga saat ini KSR-PMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah banyak bekerja sama dengan beberapa jurusan sebagai tim kesehatan dalam kegiatan ospek jurusan seperti PGMI, BSA, PAI dan Senat Tarbiyah dan Keguruan.


Luqman selaku ketua mengatakan bahwa tujuan didirikannya KSR-PMI adalah untuk mewadahi para mahasiswa yang memilki jiwa sosial dan kemanusiaan yang tinggi. Beberapa teman-temannya bercerita, ketika terjadi bencana mereka mendatangi lokasi bencana untuk memberikan bantuan. Namun ketika sampai di lokasi, kehadiran mereka seperti tidak dianggap. Mereka hanya lontang-lantung tak tahu harus berbuat apa. Oleh karena itu, ketika Luqman menjadi tim kesehatan pada OPAK 2012 beserta tim kesehatan sepakat mendirikan KSR-PMI.


“Di UIN atau IAIN regional (Se-Jawa Barat) hanya UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang belum ada KSR-PMI,” ujarnya, Rabu (09/01).


Pada awal September 2012, Luqman dan rekannya Ibnu mengajukan proposal mendirikan KSR-PMI di UIN Bandung kepada Pembantu Rektor III Muhammad Ali Ramdani. Hasilnya, secara lisan Ali sangat mendukung didirikannya KSR-PMI. Namun untuk mendapatkan izin secara tertulis, ada beberapa persyaratn yang harus dipenuhi yaitu dari segi keanggotaan minimal harus ada 50-100 orang yang menyatakan diri siap menjadi anggota. Selain itu, KSR-PMI harus dikenal oleh Hima, Senat dan UKM/UKK yang ada di kampus UIN Bandung yang dibuktikan dengan surat rekomendasi.


Hingga saat ini KSR-PMI sudah mulai dikenal di wilayah kampus UIN sendiri. Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa HMJ seperti PGMI, BSA, PAI dan Senat Tarbiyah sebagai tim kesehatan dalam kegiatan ospek jurusan, kini nama KSR-PMI sudah semakin dikenal. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang ikut bergabung setelah bekerja sama dengan KSR-PMI.

 

Untuk memperkenalkan KSR-PMI , rencananya pada awal Februari akan mengadakan kegiatan donor darah di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  Pendaftaran untuk menjadi anggota KSR-PMI pun masih dibuka hingga CPD (Camping Pelatihan Dasar) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Januari 2013.

 

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas