Lingkungan dan Kesehatan

BPPKB Pilih Duta GenRe Kota Bandung 2016

Cardina Novianti Adiputra dan Ali Rinaldi Duta GenRe terpilih sedang berpose setelah pengumuman juara Duta GenRe Kota Bandung yang digelar oleh BPPKB, di lantai empat Metro Indah Mall Bandung, Senin (15/3/2016). (M. Kavin Faza/Magang)

Cardina Novianti Adiputra dan Aldi Rinaldi Duta GenRe terpilih sedang berpose setelah pengumuman juara Duta GenRe Kota Bandung yang digelar oleh BPPKB, di lantai empat Metro Indah Mall Bandung, Senin (15/3/2016). (M. Kavin Faza/Magang)

SUAKAONLINE.COM – Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bandung, menggelar pemilihan Duta Generasi Remaja (GenRe) di lantai empat  Metro Indah Mall Bandung, Selasa (15/3/2016). Ketua Pelaksana, Ali Mamnun mengatakan tujuan pemilihan Duta GenRe untuk mengajak remaja berperilaku sehat.

Ali berharap, melalui acara tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman seputar delapan substansi GenRe. Delapan substansi itu meliputi, fungsi keluarga, seks bebas, napza, pendidikan keterampilan hidup, gender, pendewasaan usia perkawinan, HIV AIDS, lalu advokasi atau Komunikasi Informasi Edukasi (KIE). “Saya berharap ke depan remaja di kota Bandung akan lebih peka terhadap kenakalan remaja,” kata Ali.

Selanjutnya, Ali menjelaskan bahwa para finalis telah menjalani beberapa tahapan seleksi yang di antaranya mengisi formulir pendaftaran, mengikuti technical meeting, pembekalan delapan substansi GenRe dan acara puncak. “Setelah ini kami akan mempersiapkan duta yang terpilih untuk bersaing ke tingkat nasional dan provinsi,” ujar Ali Mamnun.

Di akhir acara, mahasiswa UIN SGD Bandung, Aldi Rinaldi dan mahasiswi Telkom University, Cardina Novianti Adiputra berhasil menyabet juara pertama putra dan putri. Cardina Novianti menegaskan bahwa dirinya berencana menjadi konselor sebaya yang dimulai dari lingkungan di sekitarnya sebagai wujud penerapan ilmu dari duta GenRe.

“Misalnya mulai dari temen sendiri nih, kan sebelumnya saya belum pernah menjadi konselor sebaya, dan pastinya saya akan mencoba menjadi konselor sebaya yang baik buat temen-temen sendiri,” ungkap mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi tersebut.

Baca juga:  Zulfa Hendri: Peluang UIN Bandung dalam Financial Market

Sementara itu, Aldi Rinaldi mengungkapkan bahwa dirinya akan terus mendalami mengenai GenRe.  Sebelumnya, Aldi sering menjadi juara di kegiatan duta pariwisata. Namun untuk duta GenRe, dirinya mengaku baru pertama kali menjadi juara. “Enggak nyangka dan bangga bisa menjadi juara pertama, di sini kita menjadi role model bagi para remaja untuk mengerti GenRe itu sendiri,” tutur mahasiswa jurusan Hubungan Masyarakat itu.

Berdasarkan pantauan Suaka, acara puncak Pemilihan Duta GenRe diawali sesi tanya jawab tiap finalis oleh dewan juri dan unjuk kabisa (Bakat, Red). Para peserta terdiri dari 28 finalis kategori mahasiswa dan 13 finalis kategori remaja (SMP dan SMA). Juara pertama Duta GenRe Kota Bandung 2015 dan Duta Motivator Jawa Barat pun turut hadir dalam acara tersebut

Reporter: Dadan M. Ridwan/Magang & Ibnu Fauzi

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas