Lingkungan dan Kesehatan

Kini, Buang Sampah Bisa Lewat ATM

Camat Cinambo, Rani Dewiyati saat memperkrnalkan ATM Sampah pada masyarakat dikantor kecamatan Cinambo, Senin (14/3/2016). (Rifki Muta’ali /Magang)

Camat Cinambo, Rani Dewiyati saat memperkrnalkan ATM Sampah pada masyarakat dikantor kecamatan Cinambo, Senin (14/3/2016). (Rifki Muta’ali /Magang)

SUAKAONLINE.COM – Buanglah sampah pada tempatnya !”. Mungkin kata-kata itu sudah tidak asing lagi didengarkan oleh masyarakat. Namun ternyata saat ini membuang sampah tidak hanya bisa dilakukan tidak hanya ditempat sampah. Karena sampah bisa dibuang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sampah.

ATM Sampah tersebut merupakan program dari Kecamatan Cinambo, Kota Bandung. Alat tersebut digunakan untuk sarana edukasi agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dengan memberikan nilai ekonomis terhadap sampah.

Camat Cinambo, Rani Dewiyati menyebutkan, konsep dari ATM Sampah ini ada dua jenis, yakni ATM Sampah Semi-Otomatis dan Otomatis. Alat yang ada di Kecamatan Cinambo adalah ATM Sampah Semi-Otomatis. Teknisnya, dengan membuang sampah non-organik, seperti plastik, kaleng, dan kardus ke alat ini, maka akan keluar uang koin 100 rupiah untuk setiap sampah.

Selanjutnya, Setelah sampah non-organik yang ada di ATM sudah penuh, akan diambil dan dijual sebagai barang bekas dan uang hasil penjualannya akan dimasukan kembali ke dalam ATM Sampah. “Tentunya dengan uang koin. Sistem seperti itu akan berputar seperti itu dengan harapan masyarakat jadi sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata Rani, Senin (14/3/2016).

Sedangkan ATM Sampah Otomatis, teknisnya menggunakan radar yang akan memilah sampah sesuai dengan jumlah nominal uang yang telah ditentukan, “Misalkan botol bekas air mineral seratus rupiah, atau plastic 50 rupiah gitu. Kedepannya, ATM Sampah otomatis ini mudah-mudahan terealisasi di kecamatan ini.” Lanjut Rani

Rani menambahkan, untuk sementara, alat ini hanya ada 5 unit dan berada di kantor kecamatan Cinambo. Namun, Rani berencana menambah jumlah alat tersebut dalam waktu dekat dan diletakkan di setiap kantor pemerintahan di kecamatan Cinambo.

Sementara itu salah seorang warga Cinambo yang juga merupakan Mahasiswa UIN Bandung, Pupa Pujiyani berharap ATM Sampah ini mudah-mudahan tidak hanya ada dikantor kecamatan namun ada juga ditempat umum lain.

“Waktu itu Rapat DTA dikecamatan, kaget pas liat tulisan ATM Sampah. Terus ada yang nyoba masukin sampah, eh bener aja keluar duit cepe receh,” tutur perempuan yang berdomisili di kelurahan Babakan Penghulu, kecamatan Cinambo tersebut.

Reporter : Rifki Muta’ali / Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas