Pendidikan dan Budaya

Komunitas: Mahamentor Jadikan Hidup Lebih Berarti

 

[Suakaonline]-Banyak cara untuk dapat berbagi dengan sesama manusia. Salah satu wadah untuk dapat berbagi dengan sesama yaitu Mahamentor. Mahamentor adalah lembaga independen yang peduli terhadap pendidikan dan tanam mimpi untuk masa depan anak – anak dan seluruh warga untuk kehidupan yang lebih yang digerakan mahasiswa untuk siswa di seluruh Indonesia.


Misi dari mahamentor adalah memberdayakan mahasiswa untuk membantu teman-teman siswa yang masih duduk di bangku SMA. Selain itu, Mahamentor memberikan motivasi-motivasi kepada teman-teman siswa SMA untuk menentukan dan merencanakan masa depannya sejak awal. Dan, misi yang tidak kalah penting dari Mahamentor yaitu, mengenalkan dunia kuliah yang akan mendukung dunia karirnya sesuai dengan cita-cita yang di inginkan.


Segmen SMA dipilih karena, SMA merupakan segmen yang sangat cocok dalam program Tanam Mimpi yang diadakan oleh Mahamentor. Anak-anak SMA juga merupakan orang-orang yang akan mualai menghadapai kehidupan yang lebih luas dimasyarakat. Sehingga mereka sangat butuh arahan dan motivasi dalam membangun dan mencapai tujuan yang mereka inginkan.


Sejarah terbentuknya Mahamentor yaitu diinspirasi oleh institusi pendidikan serupa yang ada di Korea yang bernama Gongsin yang bergerak dibidang edukasi. Pemerintah Korea mengirinkan salah satu pendirinya ke Indonesia sebagai program agency. Kegiatan kunjungan itu memiliki pesan kepada seluruh pihak untuk dapat memiliki peran dalam membantu siswa menentukan dan meraih masa depannya. Mahamentor didirikan dan dimulai sejak 5 Mei 2011. Komunitas Mahamentor memiliki cabang diberbagai daerah, salah satunya yaitu Mahamentor Regional Jawa barat.


Salah satu syarat untuk dapat bergabung dengan Mahamentor yaitu mahasiswa atau pun yang pernah megenyam pendidikan dibangku perkuliahan. Hal ini dikarenakan Mahasiswa adalah orang-orang yang memiliki jenjang pendidikan tertinggi. Sehingga merekalah objek yang sangat cocok dalam program Mahamentor. Sebelum terjun langsung ke berbagai SMA, mereka akan diberi pelatihan terlebih dahulu. Mahasiswa yang menjadi mentor teman-teman SMA tersebut, biasa memiliki panggilan Mamen.


Kegiatan yang sering dilakukan oleh Mahamentor yaitu kunjungan ke SMA denagn membawa Mahasiswa dari bebagai Universitas dan berbagai jurusan. Kegiatan awal yaitu acara training motivasi Tanam Mimpi. Selain motivasi, mereka mengenalkan profil mahamentor itu sendiri dan profil para Mamen. Setelah kegiatan training motivasi mereka akan dibagi beberapa kelompok dan akan dimentori oleh satu atau dua Mamen. Pada kesempatan itu, Mamen sangat berperan aktif dalam mengulas kegiatan training sebelumnya, pengenalan karir dan kuliah, memberikan solusi terhadap perasalahan dalam proses pembeajaran yang siswa hadapi dan akhirnya mereka diajak untuk menulis semua impian yang mereka inginkan dalam 10 tahun kedepan.


Setelah mengadakan program Tanam Mimpi, Mahamentor akan mengunjungi SMA tersebut kembali sebagai program lanjutan untuk mencapai mimpi yang telah dibuat oleh siswa di program sebelumnya.


“Kami dari Mahementor regional Jawa Barat pernah mengunjungi berbagai sekolah baik didalam kota maupun luar kota Bandung. Kami pernah mengunjungi beberapa SMA di Cirebon, Bekasi, SMK Padjajaran Bandung dan Pesantren Al-Ikhsan,” ,” ujar Ikeu Haryati, koordinatur Mahamentor, Rabu (16/01).


Setiap tahunnya Mahamentor Regional Jawa Barat selalu memiliki rencana kunjungan keberbagai SMA dan sederajat di Kota Bandung. Selain fokus dalam bidang pendidikan, mereka pun sering mengadakan acara bakti sosial untuk anak yatim piatu, out bond dan berbagai macam kegiatan positif lain.


“Saya merasa sangat beruntung bergabung di Mahamentor, karena secara tidak langsung dari kegitan berbagai itu, saya telah membantu membangun anak-anak Indonesia untuk menjadi lebih berprestasi dan berkualitas dalam kehidupannya,” pungkas Ikeu.

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas