Kampusiana

Kasubag TU Enggan Beberkan Total Pengeluaran Fasilitas KKM

[Suakaonline]-Sebanyak 2494  peserta Kuliah Kerjanyata Mahasiswa (KKM) UIN SGD Bandung yang terbagi kedalam 225 kelompok diberangkatkan dari Bunderan Cibiru menuju Sukabumi, Senin (21/01).

Pemberangkatan sendiri menggunakan 58 unit bus yang disediakan oleh panitia. Berbeda dari tahun sebelumnya, kebijakan untuk menyediakan transportasi pemberangkatan KKM baru diterapkan pada tahun ini.

Peserta KKM memang tidak dipungut biaya. Saat ditanya masalah sumber pendanaan, Ati Rahmawati Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) mengaku bahwa biaya pembarangkatan KKM berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) UIN SGD Bandung tahun 2013.

“Sumber pendanaan KKM itu berasal dari DIPA UIN Bandung tahun 2013. Semuanya itu sudah sesuai dengan regulasi yang ada,” ujar Ati kepada Suaka, Rabu (23/01).

Namun, Ati yang juga turut ambil bagian dalam pelaksanaan KKM enggan menyebutkan soal total biaya pemberangkatan. Ia mengaku hanya berkerja pada wilayah teknis saja.

“Perasaan ga perlu yah tahu nilainya berapa. Masalahnya gini, kadang-kadang kita suka melihat di angka, padahal apabila kita sudah merealisasikannya, itu tidak menguntungkan apa-apa untuk panitia,” ucapnya.

Ati juga sempat menyinggung masalah opini yang beredar mengenai pemberangkatan KKM. Ada opini miring berkaitan dengan pengeluaran yang dialokasikan untuk KKM. Ia mengaku, ada pihak yang menganggap pemberangkatan KKM itu lahan cari untung, namun Ati beserta panitia lainnya menanggapi dingin berkaitan isu tersebut.

“Terserah saja orang mau bilang apa. Yang penting ini semua sudah berdasarkan regulasi yang ada. Intinya, rektor ini kan mau memberikan kemudahan, memberikan yang terbaik untuk mahasiswanya. Dan itu yang perlu disyukuri banget oleh mahasiswa UIN,” tuturnya.

KKM sendiri berlangsung sejak 21 Januari 2013 hingga 21 Februari 2013 yang bertempat di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Ada 15 titik kecamatan yang menjadi lokasi KKM. Untuk Kota Sukabumi, lokasi KKM meliputi Kecamatan Baros, Cibeureum, Cikole, Citamiang, Gunung Puyuh, Lembur Situ dan Warung Doyong. Sedangkan untuk Kabupaten Sukabumi meliputi Kecamatan Sukalarang, Sukaraja, Sukabumi, Cisaat, Cibadak, Kadu Dampit, Kebon Pedes dan Gunung Guruh.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas