Fresh

Langkah Tepat Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Peringatan hari gigi dan mulut sedunia, dokter gigi Ryan sedang memeriksa salah satu pasien di Pusmesmas Kecamatan Cibiru,Bandung. (Anisa Meidayanti / Magang)

Peringatan hari gigi dan mulut sedunia, dokter gigi Ryan sedang memeriksa salah satu pasien di Pusmesmas Kecamatan Cibiru,Bandung. (Anisa Meidayanti / Magang)

SUAKAONLINE.COM, Fresh – Aloha Fresh Reader, menjaga kesatan gigi dan mulut,  merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting . Selain berperan  dalam proses pencernaan,  gigi dan mulut juga  dapat mendekteksi kesehatan tubuh lho. Beberapa dari Fresh Reader  mungkin menganggap atau bahkan cuek terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Menurut salah satu  dokter, Ryan Fadhila menjelaskan bahwa, seseorang tidak akan mengetahui jenis bakteri apa yang masuk dan menetap di dalam mulut. “Di dalam gigi dan mulut terdapat pembuluh darah dan saraf yang terhubung keseluruh organ  tubuh. Maka dari itu, apabila ada penyakit organ dalam tubuh, misalnya jantung maka yang akan diperiksa terlebih dahulu adalah gigi dan mulutnya,” ujar dokter Ryan saat di temui oleh Suaka,  di Puskesmas Kecamatan Cibiru, Bandung.

Gigi yang sehat ialah gigi yang tidak berlubang, tidak ada plak atau kuman sisa makanan , terutama tidak ada keluhan, seperti  sakit atau nyeri yang dirasakan. Sedangkan gusi yang sehat ialah gusi yang berwarna merah muda, tidak ada bengkak, tidak terdapat karang gigi dan lidah berwarna merah muda.

Lalu bagaimana dengan gigi dan gusi  Fresh Reader ? ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah dibanding  mengobati.  So, buat Fresh Reader yang  belum menjaga kesehatan gigi dan mulut, ada beberapa tips nih, dari dokter Ryan Fadhila.

  1. Sikat gigi   jangan hanya waktu mandi saja. Tetapi setelah makan dan sebelum tidur juga harus dilakukan.
  2. Biasakan mengunyah makanan dengan kedua sisi. Maksudnya saat mengunyah makanan harus  menggunakan kedua sisi gigi. Karena bila menguyah hanya pada satu sisi, maka sisi yang tidak terpakai untuk mengunyah, akan lebih kotor dan lebih banyak bakteri.
  3. Jangan lupa periksa kesehatan gigi dan mulut enam bulan sekali, sesuai dengan keluhan yang dirasa.
  4. Selalu berkumur dengan  air putih biasa. Jangan terlalu sering berkumur dengan menggunakan cairan desinfektan atau pembersih mulut dan gigi. Karena akan membunuh bakteri baik dan buruk sekaligus.
  5. Cobalah menyikat gigi secara benar,  agar dapat   menjangkau ke semua area gigi terutama geraham atas.
Baca juga:  Kursus Persiapan Tes TOEFL dan TOAFL Tingkatkan Kemampuan Bahasa Mahasiswa

Tak dapat dipungkuri lho Fresh Reader, bahwa perawatan gigi dan mulut  terbilang mahal.  Tetapi dengan merawat  gigi dan mulut secara rutin, dapat meminimalisir datangnya  penyakit. Memilih  Puskesmas dan menggunakan  program kesehatan  Pemerintah, juga bisa menjadi andalan Fresh Reader untuk mengurangi biaya perawatan. So, masih tetap cuek terhadap kesehatan gigi dan mulut ?

Reporter     :  Anisa Meidayanti / Magang

Redaktur    :  Ulfah Choirun Nissa

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas