Politik dan Ekonomi

Menstimulasi Tumbuhnya Wirausaha Mandiri

 

[Suakaonline]-Indonesia baru diwarnai sekitar 1,56 persen wirausahawan, sisanya terdiri dari pekerja dan buruh. Hal ironis inilah yang mempelopori Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia untuk menggelar Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013 (GKN). Untuk sosialisasi program ini, diadakan Workshop entrepreneurship di berbagai kota. Di Bandung, salah satunya diadakan di aula UIN SGD Bandung, Rabu (23/01).


Workshop ini sebenarnya adalah bagian dari sosialisasi GKN yang bertujuan untuk menyamakan standar pembuatan proposal bisnis sederhana yang memenuhi syarat untuk mengikuti GKN.  ini adalah program tahunan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk menstimulasi tumbuhnya wirausaha mandiri yang mampu bersaing dalam persaingan global.


Dalam workshop, Shalfi Andri dari Kompas menuturkan dengan jelas cara membuat proposal bisnis sederhana yang terdiri dari identitas, ide produk, budget, sasaran pasar dan keuntungan. Ia juga memberikan contoh kisah sukses pebisnis terkenal dengan modal minim. Setelahnya, para peserta workshop diperbolehkan untuk mengirimkan  proposal bisnisnya untuk diikutsertakan dalam ajang kewirausahaan.


Sebenarnya ini bukan kali pertama Kemenkop mengadakan workshop di Bandung. Ada 16 kampus yang didatangi, seperti Unpad, ITB, Unisba. Di UIN Bandung lah workshop ini merupakan pertama kalinya digelar. Tempat terbatas dan juga vakumnya BEM Universitas menjadi alasan utama ketelatan terselenggaranya acara ini.


“Biasanya mendatangkan langsung Menteri Koperasi, tapi karena di UIN baru pertama kali, jadi hanya Deputi yang didatangkan,” ujar Novi selaku Koordinator pelaksana workshop, Rabu (23/01).


Hasil dari workshop ini diharapkan melahirkan para pembisnis muda dan kooperatif dalam berkarya, selain itu, juga bermanfaat untuk menekan angka kemiskinan di indonesia dengan menyadarkan untuk berusaha bukan menjadi buruh di negara sendiri.


Ajang Pemberian Modal


Orientasi dari Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013 ini sebenarnya adalah ajang untuk memberikan modal usaha bagi para usahawan yang ingin memulai maupun meneruskan bisnisnya. Setelah mengikuti workshop tentang pembuatan proposal bisnis ini, calon peserta dapat langsung mengirimkan proposal nya ke email resmi GKN di spiritgkn@yahoo.com dan spiritgkn@gmail.com.


Batas waktu yang ditentukan adalah sampai dengan 15 Februari 2013. Setiap proposal yang masuk akan diuji melalui bebeapa tahap seleksi kemudian dipilih 2000 proposal terbaik. Setelah itu, 2000 orang terpilih itu harus mengikuti tes wawancara sembari mempresentasikan proposal bisnisnya.


Tahap akhir adalah akan dipilih 1500 pemenang yang akan diberikan modal usaha senilai 5 – 25 juta rupiah. Pengumuman pemenang akan diumumkan di acara puncak GKN 2013 pada tanggal 18 Maret 2013 di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia beserta jajaran kabinet yang terkait. Dikatakan pula akan ada artis-artis ibu kota yang akan turut meramaikan acara puncak nantinya.


“Katanya sih akan ada Nidji, Agnes, juga figur wirausahawan sukses. Ya tujuannya sebagai motivasi,pungkas Novi.


Bagi yang ingin mendapat bantuan modal langsung dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Mandiri Republik Indonesia bisa langsung mengirimkan proposal bisnis terbaiknya ke alamat e-mail resmi diatas. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat di website resmi GKN www.spiritgkn.com.


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas