Pendidikan dan Budaya

8 Langkah Menjadi Pembicara Handal

 

[Suakaonline]-“Semua orang dapat menjadi a great public speaker terlepas dari kebutuhan dan latar belakangnya,” ungkap Tina Talisa dalam Seminar Public Speaking yang diadakan di Gedung Graha Wanita, jalan L.RE Martadinata No 84 Bandung, Minggu (10/02).


Pada seminar yang dihadiri oleh 500 peserta tersebut Tina berbagi pengalaman seputar public speaking. Selain itu Tina pun memberikan 8 langkah untuk menjadi pembicara yang handal.


Pertama, control your stage fright. Tak jarang saat menjadi pembicara kita mengalami perasaan gugup. Maka dalam hal ini kita harus mengenali dan memahami  hal yang menyebabkan gugup. Kemudian mengatasinya agar presentasi berajalan dengan lancar.


Kedua, select your subject. Sebagai pembicara kita juga harus tau siapa audience kita. Maka kita pun harus menganalisisnya, dimulai dari usia, pendidikan, pengalaman, budaya, ras, suku bangsa. Lalu perhatikan waktu dan tempat dimana kita akan menjadi pembicara. Kita harus mengenali seperti apa acara tersebut sehingga dalam berpenampilan kita tidak akan mengalami saltum atau salah kostum.


Ketiga, gather your ideas and information. Hal ini jelas harus kita perhatikan karena sebagai pembicara kita tentunya memberikan informasi kepada audience maka cara penyampaiannya pun harus tepat agar apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik.


Keempat, organizer your material. Sebagai pembicara kita sekaligus mencitrakan seperti apa diri kita. Hal yang mesti diperhatikan adalah cara bagaimana audience mengenali dan mengingat kita sebagai kita, bukan orang lain. Dimulai dari ujung rambut sampai unjung kaki. Sehingga dalam perform kita tidak meniru-niru gaya orang lain baik itu cara berbicara, sikap, berpakaian dan hal lainnya.


Kelima, plan the beginning of your speech. Untuk mengawali pembukaan saat mejadi pembicara kita juga harus mempersiapkan dengan baik. Dimulai dari susunan pembukaan dan pemilihan kata. Pilihlah kata pembuka yang berbeda dan bervariasi agar tidak monoton.


Keenam, plan the ending of your speech. Persiapkan kesimpulan atau point inti dari apa yang kita sampaikan sebelum kita perform. Hal ini dapat mempermudah kita dalam penyampaian.


Terakhir,  practice your speech and present your speech. Kunci terakhir dari 8 langkah menjadi pembicara  handal adalah praktek.


“Teori tidak akan menjadi hasil jika tidak dilaksanakan. Maka, teruslah berlatih karena jam terbang pun mempengaruhi sejauh mana kita terampil dalam berbicara,” papar Tina mengakhiri.


Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas