Politik dan Ekonomi

AHER-DEDDY Unggul Tipis Atas DEDY-LEX

 

[Suakaonline]- Pemilihan gubernur Jawa Barat telah terlaksana dengan tertib dan lancar. Dari data yang dihimpun untuk Kecamatan Cibiru kota Bandung yang berada dikawasan sekitar kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdapat 123 TPS yang tersebar di 278 RT dan 58 RW serta daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 46.364 jiwa.

 


Untuk hasil perolehan suara di Kecamatan Cibiru, pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar unggul dengan perolehan 11.504 suara. Diikuti oleh pasangan Dede Yusuf – Lex Laksamana dengan perolehan 10.797 suara. Kemudian diikuti oleh pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dengan 7.559 suara. Diurutan keempat, ada pasangan Irianto Mahfudz Sidik (Yance)-Tatang Fahhanul Hakim dengan 2.228 suara. Dan diurutan terakhir diduduki pasangan Didik Arif Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib yang memperoleh 771 suara.

 


Pasangan Aher-Deddy yang diusung oleh PKS, Hanura, PPP, PBB berhasil unggul dengan presentase 35,1 %. Berbeda tipis dari pasangan Dedy –Lex dari Demokrat, Gerindra, PAN dan PKB berada di posisi kedua dengan presentase 32,86 %. Untuk pasangan Reike-Teten yang diusung PDI-P hanya berhasil memperoleh presentase sebesar 23 %. Menyusul pasangan Yance-Tatang yang di usung oleh Golkar memperoleh 6,78 %. Sedangkan, pasangan dari jalur perseorangan yakni Didik-Toyib terendah yakni hanya memperoleh 2,35 % saja.

 

 

Pasangan Aher-Deddy berhasil unggul tipis atas pasangan Dedy-Lex yang hanya berbeda 707 suara atau 2,24 % saja. Dimana dibeberapa TPS yang ada di Kecamatan Cibiru kedua pasang Cagub-Cawagub ini saling unggul dan kejar perolehan jumlah suara. Namun, dari hasil rekapitulasi perhitungan yang dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kecamatan Cibiru, mendapatkan pasangan Aher-Deddy unggul tipis dari pasangan Dedy-Lex.

 

 

Hasil rekapitulasi perhitungan suara ini selanjutnya akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan  Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat. Pada hari Rabu, 27 Februari mendatang, akan diadakan rapat pleno yang mengumpulkan semua panitia pemungutan suara di setiap kelurahan, guna mengesahkan suara Pilgub yang sudah terkumpul.

 

 

“Ini baru hasil sementara, hari rabu akan diadakan rapat pleno untuk mengumpulkan semua data-data dari setiap kelurahan.” Ujar Andry, panitia pemilihan kecamatan saat ditemui, Senin (25/02).

 

 

 

Hasil perhitungan suara ini rampung sekitar pukul 02.00 WIB. Dari daftar pemilih tetap yang ditetapkan KPUD Jawa Barat, untuk kecamatan Cibiru berjumlah 46.364 jiwa. Namun, pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya berjumlah 33.993 jiwa dengan presentase partisipasi pilih 73,32 %.

 


Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas