Politik dan Ekonomi

Pilgub JABAR : Banyak Surat Suara Yang Tidak Sah

 

[Suakaonline]-Dari hasil perolehan suara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Cibiru, terdapat 1.134  jumlah suara yang tidak sah.

 


Hal ini tampak di TPS 20 yang berada di SMP-SMA Khifayatul Akhyar, yaitu daerah pencoblosan RT 01,02,03/RW 10 dimana terdapat 17 jumlah suara yang tidak sah.

 

 

Jumlah suara yang tidak sah ini terbilang cukup tinggi, bahkan berhasil mengalahkan perolehan jumlah suara pasangan Cagub-Cawagub Yance-Tatang yang hanya memperoleh 11 suara.  Begitu pula pasangan Didik-Toyib yang hanya mendapat 5 suara saja di TPS 20.

 

 

“Masalah tidak sahnya suara disebabkan berbagai hal, mulai dari salah mencoblos, tidak mencoblos , bahkan ada yang mencoblos semua pasangan” ujar Iis Ismaini, selaku ketua pantia pemungutan suara, minggu (24/02).

 

 

Selain di sekitar SMP-SMA Khifayatul Akhyar . Hal yang sama juga terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Cibiru. Kecamatan cibiru mendapati 1.134 suara yang tidak sah.

 

 

“Penyebabnya macam-macam, ada mencoblos nya diluar kotak, ada juga yang sengaja tidak menyoblos di surat suaranya, malah ada yang menyoblos semua pasangan Cagub-Cawagub.” Ujar Andry, panitia pemilihan kecamatan Cibiru saat diwawancarai, Senin (25/02).

 

 

Sosialisasi sudah dilakukan guna mencegah tidak sah nya surat suara di TPS, namun hal itu tidak mengurangi jumlah suara yang tidak sah.

 

 

Untuk hasil perolehan suara di Kecamatan Cibiru, pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar unggul dengan perolehan 11.504 suara. Diikuti oleh pasangan Dede Yusuf – Lex Laksamana dengan perolehan 10.797 suara. Kemudian diikuti oleh pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dengan 7.559 suara. Diurutan keempat, ada pasangan Irianto Mahfudz Sidik (Yance)-Tatang Fahhanul Hakim dengan 2.228 suara. Dan diurutan terakhir diduduki pasangan Didik Arif Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib yang memperoleh 771 suara.

 

 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas