Kampusiana

Wadah Baru Orda Di UIN Bandung

Perwakilan berbagai Orda di UIN Bandung saat memperkenalkan organisasi daerahnya yang bertempat di gedung Language Centre, Rabu (6/4/2016). Keberadaan Orda di sebuah perguruan tinggi menjadi lebih optimal bilamana dapat bersatu antar Orda. (Khairul Umam / Magang)

Perwakilan berbagai Orda di UIN Bandung saat memperkenalkan organisasi daerahnya yang bertempat di gedung Language Centre, Rabu (6/4/2016). Keberadaan Orda di sebuah perguruan tinggi menjadi lebih optimal bilamana dapat bersatu antar Orda. (Khairul Umam / Magang)

SUAKAONLINE.COM – Keberadaan Organisasi Daerah (Orda) di sebuah perguruan tinggi menjadi lebih optimal jika menjalin komunikasi dengan Orda yang lain. Hal ini demi kemajuan pendidikan perguruan tinggi yang tidak hanya tekstual. Kekosongan Dewan Mahasiswa (Dema) di UIN SGD Bandung, menyebabkan Orda tidak lagi memiliki wadah untuk menampung aspirasi. Namun hal ini telah menemukan titik terang dengan diselenggarakannya sebuah pertemuan antara anggota Orda, di gedung Language Centre, Rabu (6/4/2016).

Menurut anggota Forum Lintas Orda, Fazar Rifqi As Sidik, latar penyatuan lintas orda tersebut, karena ingin berbagi informasi seperti kebudayaan, program, kajian-kajian dan pengembalian rekam jejak gemilang selama ini yang ditorehkan oleh Orda lintas daerah. “Kami mengumpulkan setiap Orda di UIN karena setiap daerah memiliki potensi. Itu merupakan cagar budaya yang perlu diketahui. Di samping itu, kajian budaya, sharing program kerja dan mengadakan event yang selama ini sudah tiada. Sehingga bisa berperan terhadap UIN dan daerah masing-masing,” ujar Fazar.

Perwakilan dari Orda Keluarga Besar Mahasiswa Madura, Mukhlas, mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan untuk mengenalkan masing-masing organisasi daerah. Dari semua perwakilan tiap Orda, mengungkapkan apresiasi atas perhimpunan orda lintas daerah. “Kami sangat-sangat berterima kasih ke semua Orda yang saat ini dapat terkumpul di sini. Ini sudah kami harapkan dari awal-awal,” kata Mukhlas.

Perwakilan Orda yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain dari Ikatan Mahasiswa Tasikmalaya (IMT), Keluarga Mahasiswa Jakarta Raya (Kamajaya), Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC) Galuh Taruna, Keluarga Mahasiswa Pelajar Bekasi (Kapemasi), Keluarga Mahasiswa Pelajar Karawang (Kempaka), Himpunan Mahasiswa Tjianjur (Himat), Ika Dharma Ayu Indramayu, Ikatan Mahasiswa Bogor (Ikamabo), Pelajar Mahasiswa Purwakarta (Permata), Keluarga Mahasiswa Banten (KMB), dan Keluarga Mahasiswa Kuningan (Kamuning).

Baca juga:  UKM Fokus Unpad Gelar Pameran Foto Pasar Tradisional

Reporter : Khairul Umam/Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas