Kampusiana

Semester Baru, Fungsi LC dan LH Dikembalikan

UIN Bandung

Dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM, — Mulai semester depan gedung Lecture Hall (LH) dan Language Center (LC) digunakan sebagai mestinya. Pengalihan fungsi ini hanya sementara. Hingga LC dan LH nantinya tidak lagi dijadikan tempat perkuliahan. Kegitan perkuliahan yang ada di dua gedung tersebut akan dipindahkan ke gedung lain yang sifatnya permanen.

“Rencana pembangunan sudah ada, insya Allah mulai semester depan LC dan LH ini akan digunakan sebagaimana fungsinya. Serta mahasiswa yang tadinya kuliah di LC dan LH akan dipindahkan,” ujar Kepala Bagian Umum Fathujaman, Kamis (24/3/2016).

Perkuliahan Fakultas Ushuludin akan dipindahkan ke ruang kuliah Pascasarjana. Sementara untuk Fakultas Adab dan Humaniora serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi akan menempati gedung kuliah Fakultas Ushuludin yang lama. “Program Pascasarjana akan pindah ke gedung baru. Dan pihak kami pun masih memikirkan perpindahan tersbut,” kata Fathujaman.

Kampus UIN SGD Bandung masih terkendala fasilitas. minimnya ruang belajar menyebabkan kedua gedung tersebut dialihfungsikan menjadi ruang perkuliahan. Hal ini diakui Fathujaman.“Fungsi sebenarnya, LH untuk ruang dosen atau untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya insidental dan LC merupakan pusat pembelajaran bahasa,” ujarnya.

Fathujaman juga mengatakan status kedua gedung itu insidental. “Posisi sekarang memang kondisinya bersifat insidental, karena untuk mencari solusi akibat minimnya ruang kuliah, maka dipaikailah gedung LC dan LH,” ujarnya.

Di waktu yang sama, Ketua Pusat Bahasa Abdul Kodir mengatakan keinginannya LC itu digunakan sebagaimana mestinya. “Seharusnya, LC itu digunakan sebagaimana mestinya. Karena kami mempunyai program yang harus dilakukan di gedung ini. Jika kondisinya masih dipakai tempat kuliah, pihak kami belum bisa memberlakukan program kami,”ujarnya.

Pengalihfungsian gedung tersebut menyebabkan beberapa kegiatan tidak berjalan efektif. Abdul Kodir memang menginginkan agar LC dikembalikan ke fungsinya, tapi di sisi lain Abdul Kodir juga berfikir jika pihaknya tidak menyetujui LC dipakai untuk ruang kuliah, mahasiswa yang kekurangan tempat kuliah akan terlantar. Sekarang kedua gedung LH dan LC digunakan tiga Fakultas, Fakultas Ushuludin, Fakultas Adab dan Humaniora serta Dakwah dan Komunikasi.

Baca juga:  FSH Juarai Kompetisi Futsal Tingkat Provinsi

Setelah mendengar pernyataan Fathujaman, maka Abdul Kodir akan menjadikan LC sebagimana fungsinya dan melaksanakan program yang sebelumnya tertunda. Satal satunya program pembelajaran bahasa. “Pusat Bahasa ini akan dijadikan tempat pembelajaran bahasa yang nantinya mewajibkan seluruh mahasiswa untuk memiliki nilai TOEFL, yang sebelunya dilakukan bimbingan di pusat bahasa ini,” ujarnya.

Reporter: Wulan Apriani/ Magang

Redaktur: Ridwan Alawi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas