Kampusiana

Bank Mandiri Syariah Rencanakan Buka Cabang di UIN SGD Bandung

 

[Suakaonline]-Setelah Unpad, UPI, ITB dan Universitas Muhamadiyah, kini Bank Mandiri Syariah berencana membuka cabang di UIN SGD Bandung.


Kepala SDI (Sumber Daya Insani) Bank Mandiri Syariah Cabang Bandung Aden Ruhimat mengatakan bahwa Bank Mandiri Syariah akan melakukan kerjasama untuk membuka cabang di kampus UIN Bandung.


“Untuk rencana pembukaan Bank Mandiri Syariah di  UIN SGD Bandung akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak rektorat dan bagian-bagiannya,” jelas Aden saat ditemui di acara Pelantikan FOREKSYA di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung, Selasa (26/03).


Ia  pun mengatakan akan memberi kesempatan bagi mahasiswa UIN Bandung untuk direkrut menjadi bagian di dalam Bank Mandiri Syariah Cabang UIN.


Dipraktikkan langsung oleh teman-teman mahasiswa UIN ketika mereka belajar di kampus secara menyeluruh dan mereka memahami ilmu kerangka syariah secara sempurna sampai mereka lulus dan bisa terjun dan menerapkan langsung ke bank syariah,” tambah Bapak Aden Ruhimat.


Meskipun persentasi Perbandingan antara Bank Syariah dan Bank Konfesional yang tersebar di seluruh Indonesia masih kecil, dari 100% Aset perbankan yang ada di indonesia Bank Syariah hanya mempunyai persentasi 5% sedangkan 95 %  masih dinduduki oleh Bank konvesional.


Akan tetapi Gemuruh Bank Syariah di mata orang Indonesia amat sangat terasa bahkan pakar-pakar ekonomi dunia meramalkan bahwa Bank Syariah di Indonesia akan menjadi lokomotip kebangkitan bank-bank sebelumnya, karena notabene warga Indonesia mayoritas beragama Islam.


Untuk Perbedaan antara bank besrbasis syariah dan bank konvesional bisa dilihat dari perbedaan akadnya. Jika dalam aktivitas bisnis perbankannya sama dengan bank lainnya, yang membedakannya adalah nilai dan pelayanannya yang sangat berbeda karena bank syariah di dasari dengan syariat islam.


Sementara itu, di waktu yang sama Atim selaku bagian Rumah tangga UIN SGD Bandung menjelaskan adanya wacana hadirnya bank berbasis syariah di UIN. Pihak kampus kini sedang mempertimbangkan manfaat kerjasama tersebut dari aspek mahasiswa dan universitas.


“Sudah ada 3 nama Bank yang mengajukan permintaan kerjasama kepada kami untuk membuka cabang di UIN SGD Bandung. Untuk kerjasama lebih lanjut pihak kami mempunyai pertimbangan yaitu manfaat kerjasama dari aspek mahasiswa dan universitas,” ucapnya.



 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas