Lintas Kampus

Fenomena Selebriti dan Guru Spiritual

 

[Suakaonline]-Di balik kehidupan publik figur yang populer dan acap kali bergelimang harta, beberapa dari mereka meraih kesuksesan dengan andil guru spiritual. Tak sedikit selebriti yang memilih ahli agama hingga paranormal untuk memberi dorongan psikis atau bantuan doa.


Pada dasarnya manusia butuh guru, karena saat manusia lahir sistem sarafnya belum terbangun. Karena itu untuk membangun sistem tersebut manusia membutuhkan guru.


Berkaitan dengan guru spiritual ketika manusia itu telah dewasa pada dasarnya juga guru itu telah ada didalam diri se
ndiri
,” ujar Dudi Rustandi salah satu dosen Psikologi Komunikasi, Rabu (03/04).


Spiritualitas ada ketika antara emosi dan pikiran berimbang, maka terjadilah kontak spiritual. Ketika manusia sudah memiliki pemikiran dan emosinya sudah melambung maka manusia sudah mencapai puncak spiritualnya dan tidak perlu lagi guru spiritual.


Menurut Dudi, kebutuhan rohani tidak perlu mengkhususkan diri menggunakan guru spiritual, karena guru spiritual hanyalah manusia biasa. Guru spiritual mungkin sangat “pas” dibutuhkan ketika hati kita atau mental dan emosi kita dalam kondisi down atau gelap.

 

Tapi guru spiritual disini bukan dijadikan wasialah, tapi hanya untuk membukakan mata hati dan pikirannya kembali. Guru spiritual juga saya anggap hanya teman sharing saja karena mereka juga sama hanyalah manusia biasa, tambahnya.


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas