Kampusiana

Mengubah “Bayang-bayang Menyeramkan” Matematika lewat Gebyar Himatika

 

[Suakaonline]-Kontes dan Lomba Cerdas Cermat Matematika (KLCCM) tingkat SMP/MTs yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Matematika UIN SGD Bandung telah berlangsung, Selasa (09/04). KLCCM ini merupakan salah satu rangkaian perlombaan yang ada di Gebyar Himatika.


Acara Gebyar Himatika yang bertemakan Menduniakan Matematika dan Mematematikakan Dunia ini ternyata mengubah bayang-bayang menyeramkan bagi pelajaran matematika. Dengan berbagai suguhan acara, perlombaan, serta olimpiade Matematikan dan IPA (MIPA) yang seru, membuat persepsi akan kesukaran dan ketidakpahaman menghitung dalam matematika menjadi angan-angan belaka.


Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 6 hingga 13 April berlangsung di Auditorium UIN dan Aula FTK. Acara ini rutin diadakan tiap tahun oleh Himatika. Rangkaian acara yang ada dalam Gebya Himatika ini diantaranya Kuliah Umum bagi mahasiswa Jurusan Matematika, Motivasi Training, olimpiade MIPA, KLCCM tingat SMp/Mts, lomba Nasyid kontes Fotografi, Bazar Himatika, dan Road to Refresh.


“Tujuan kami mengadakan Gebyar Himatika untuk menjalin silaturahmi antarsekolah,” ujar Cece Hermawan selaku penanggungjawab acara saat diwawancarai Suaka, Selasa (09/04).

 

Lanjutnya, dengan terselenggaranya kegiatan seperti ini pelajar bisa termotivasi dan menghilangkan momok menakutkan terhadap matematika.

 

Bekerjasama dengan jurusan PGMI UIN Bandung, Cece menambahkan, juri dan tim penilainya tidak ada yang dari luar. Beliau mencoba memaksimalkan potensi dalam kampus dahulu. Terkecuali untuk Trainer Motivasi yang didatangkan langsung dari UPI. “Semua juri dan penilai dari UIN, kecuali Trainer saja,” Jelas Cece.

 

Tidak tanggung-tangguung, Peserta yang mengikuti Gebyar Himatika ini adalah tingkat SD/MI, SMP/Mts, dan SMA/MA se-Jawa Barat. Untuk Lomba Nasyid dibuka untuk Mahasiswa dan Umum se-Bandung Raya.

 

“Banyaknya peserta dari SMA dan Madrasah se-Jabar, kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi dan pengenalan UIN dimata mereka. Sekaligus bentuk kontribusi kepada masyarakat juga,” tutur panitia acara, Widya Ayu di waktu yang sama.


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas