Pendidikan dan Budaya

Vakansi: Melirik Kantor Abdi Masyarakat Kecamatan Soreang

 

[Suakaonline]-‘Siapa menanam, dia menuai’ barangkali merupakan istilah tepat bagi kantor Paten (Pelayanan Terpadu Kecamatan) Kec. Banjaran, Kab. Bandung. Pelayanan kantor publik ini patut diacungi jempol dengan peningkatan penyediaan layanan yang dilakukan pada awal Februari lalu. Tak ayal, Kec. Banjaran pun menjadi kecamatan rujukan di seluruh Indonesia dalam pendirian Paten.


Didanai sebanyak 250 juta oleh Pemkab Bandung, Paten  ini disulap menjadi sebuah ruangan layaknya sebuah kantor bank. Dengan luas 30 m2, ruangan ini penuh dengan fasilitas-fasilitas yang sudah terkomputerisasi. Selain pemanggilan nomor antrean yang memakai komputer layar sentuh, masyarakat akan disuguhi hiburan dari TV layar datar selagi menunggu.


Masyarakat pun tak perlu sungkan untuk meminta layanan. Staf Polisi Pamong Praja Kec. Banjaran siap melayani dengan pakaian batik, dan bahkan pakaian takwa. Hal ini bertujuan agar pelayanan yang diberikan memuaskan hati masyarakat.


Menuju Layanan Publik Yang Informatif


Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat, memiliki fungsi yang harus diemban pemerintah dalam rangka mewujukan kesejahteraan sebagai tolok ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik. Pintu masuk bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.


Masyarakat tak perlu repot-repot pergi ke Kabupaten untuk melakukan layanan administrasi. Kantor Pelayanan Terpadu Kecamatan Banjaran bahkan mengadakan Sosialisasi Paten sebagai upaya untuk menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat dengan memberikan materi pelayanan kepada aparatur pemerintah terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat, juga melaksanakan amanat Peraturan mentri Dalam Negri No. 4 Tahun 2010 tentang Paten.


Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah Pelayanan administrasi terpadu kecamatan juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja pelayanan terpadu di tingkat kabupaten. Sistem pelayanan administrasi terpadu kecamatan inilah yang akan disosialisasikan kepada aparat dan petugas pelayanan di kecamatan di lingkungan pemerintah Kec. Banjaran.


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas