Kampusiana

MKD Pererat Tali Silaturahmi di Lingkungan Jurusan Muamalah

doc. Pribadi

doc. Pribadi

SUAKAONLINE.COMHimpunan Mahasiswa Jurusan (Hima-J) Muamalah, akan menyelenggarakan kegiatan Muamalah Kabeh Dulur (MKD) di Villa Datuk, Cileunyi, kabupaten Bandung, Sabtu (23/4/2016) nanti. MKD merupakan agenda tahunan Hima-J Muamalah sejak tahun 2010 lalu. Selain itu, kegiatan ini menjadi penutup dari rangkaian acara Milangkala Muamalah yang ke-22.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Muamalah, Amirol memaparkan sejarah diselenggarakannya acara MKD yang bermula dari kekhawatiran dan keresahan mahasiswa Muamalah yang kurang dekat antar kelas maupun antara senior dan junior. Oleh karena itu, diciptakanlah suatu moment khusus untuk mebuat mahasiswa muamalah berbaur dan tidak adanya sekat yang membatasi.

“Dulu alumni-alumni kita merasa khawatir melihat mahasiwa muamalah yang kurang dekat, maka MKD ini sebuah wadah untuk yang dikhususkan untuk mempererat kekerabatan di jurusan Mumalah dan disana selama 24 jam kita bakal membicarakan tentang Muamalah,” ujar Amirol.

Amirol menjelaskan, terdapat rangkaian acara yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, seperti games kebersamaan dan game gotong-royong. Kemudian setiap kelas wajib menampilkan kreasi seni setiap kelasnya. Acara inti dari MKD adalah memberikan penghargaan-penghargaan bagi mahasiswa yang berperan aktif dan berkonstribusi nyata didalam maupun diluar kampus. Dilanjut dengan acara musik untuk menambah kemeriahan MKD.

Tak hanya sampai disitu, akan ada pembahasan sejarah jurusan Muamalah dari periode ke periode yang akan dipandu oleh Ikatan Alumni Muamalah (IKA Muamalah). Selanjutnya, di MKD juga akan membahas rencana-rencana yang tujuannya agar jurusan Muamalah lebih maju lagi baik dari segi intelektual dan non-intelektualnya.

“Jadi nanti pas MKD semua kalangan di Fakultas Syariah turut diundang, kita tidak hanya mengundang ketua jurusan, dosen dan mahasiswa, tapi kita juga mengundang kalangan OB dan satpam,” jelas Amirol.

Baca juga:  BKI FAIR Sebagai Ajang Silaturahmi Dosen dan Mahasiswa

Banyak rencana-rencana serta harapan-harapan yang ingin dicapai untuk jurusan Muamalah pada tahun mendatang. Salah satunya, mahasiswi jurusan Muamalah semester empat, Rofita Qurrota Ayuni memaparkan harapan agar jurusan Mumalah bisa menjadi lebih baik dan bisa menjaga silaturahmi antar mahasiswa.

“MKD itu bisa memperkuat kedekatan emosional diantara mahasiswa, pengurus maupun alumni, terus juga saya berharap muamalah bisa lebih baik lagi ditahun berikutnya,” jelas Rofita

Reporter : Yulita Bonita / Magang

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas