Terkini

Kartini’s Day, Mengahargai Sejarah lewat Ekspresi

[Suakaonline]-Letak kampus yang cukup jauh dari kegiatan mahasiswa yang terpusat di kampus UIN SGD Bandung, Cibiru, rupanya tak membuat ide kreatif mahasiswa Fakultas Psikologi hilang.


Berselang satu hari setelah Hari Kartini 21 April, mahasiswa Fakultas Psikologi mencoba menunjukan kreatifitas lewat kegiatan yang diberi nama Kartini’s Day di kampus STT Mandala, Soekarno-Hatta, Bandung.


Seolah membangkitkan kembali nafas kearifan lokal, mahasiswi Fakultas Psikologi nampak elok berbalut kebaya. Sementara para mahasiswa terlihat bermahkotakan kopiah hitam.


“Kita mencoba mengahargai sejarah lewat ekspresi, Kartini kan identik dengan kebaya, jadi kita coba memperingatinya lewat memakai kebaya di kalangan mahasiswa Psikologi,” lontar Ismoro Reza Prima Putra selaku ketua Organizing Commite (OC) saat diwawancara Suaka, Senin (22/04).


Respon para mahasiswa pun bernada positif. Terbukti hampir sebagian besar para mahasiswa nampak berhiaskan pakaian adat Sunda ini.


“Cukup antusias dari mahasiswanya sendiri, ada sekitar 50% yang mengenakan kebaya dan peci, terutama semester IV yang sangat antusias sekali,” Ujar Arrizqiya Auliaur Rahmah, Ketua Senat Psikologi, kepada Suaka, Senin (22/04).


Selain acara yang kental dengan budaya, para mahasiswa ini juga mengadakan penggalangan dana bagi anak yatim. Nantinya, dana yang terkumpul akan dibelikan nasi bungkus untuk dibagikan kepada 1.000 anak yatim.


Harapan pun terlontar dari Ismoro. Menurutnya, momentum ini mesti dimaknai lebih luas. Selain menghargai tetes darah para pahlawan, momen ini tepat untuk lebih berekspresi agar kekompakkan antar mahasiswa terjalin.


“Harapannya agar mahasiswa psikologi bisa kompak , dan bisa menghargai jasa pahlawan kita lewat eksperesi melalui acara Kartini’s Day ini,” pungkasnya.


Doa Untuk Pembangunan

Rupanya, perayaan hari kartini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan harapan para mahasiswa. Di atas bentangan kain putih, para mahasiswa membubuhkan tanda tangan sebagai tanda doa agar pembangunan gedung Fakultas Psikologi cepat selesai. Nantinya kumpulan tanda tangan mereka akan diberikan kepada Muhammad Ali Ramdhani Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN SGD Bandung.


“Bagus ya, baru kali ini ada acara seperti ini, kita jadi bisa mengeksperikan diri,” tutur Nimatun Hasanah, mahasiswa Fakultas Psikologi semester VIII.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas