Lintas Kampus

UN Bukan Syarat Kelulusan Siswa

 

[Suakaonline]-Keberadaan Ujian Nasional (UN) sebagai penentu lulus atau tidaknya seorang siswa nampaknya perlu ditelaah lebih jauh. Mengingat tujuan UN sebenarnya adalah untuk pemetaan tingkat kemampuan para siswa atau sekolah dalam menjalankan proses pendidikan.


Ujian nasional itu ujian yang bersifat nasional, tujuannya untuk memetakan tingkat kemampuan para siswa. Bila ada siswa yang kurang ditambah dan bila ada yang sudah bagus ditingkatkan lagi,” jelas Supiana, Pembantu Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Senin (22/04).


Sekarang ini, kata Supiana yang jadi masalah dalam UN itu karena dijadikan syarat lulus atau tidaknya seorang siswa. Bukan dijadikan sebagai pemetaan seperti tujuan sebenarnya.


Di negara lain UN tidak dijadikan lulus atau tidak siswanya tetapi untuk pemetaan,” tutur Supiana.


Supiana menambahkan, untuk UN sendiri masih menggunakan sistem Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang artinya setiap satuan pendidikan dengan KTSP diberi kewenangan untuk menyusun, mengembangkan dan mengevaluasi keberlakuan kurikulum tersebut.


“Jadi yang harus mengevalusasi itu satuan pendidikan. Kenapa harus ada evaluasi secara nasional padahal makna dari KTSP tidak seperti itu. Yang harus mengevaluasi bukan dari pemerintah pusat.” Jelas Supiana.


Namun menurut Supiana Indonesia memang memilki kekhasan. Sebagai negara yang berkembang yang tingkat belajarnya harus lebih ditingkatkan maka UN dijadikan alat untuk meningkatkan daya yang kuat untuk belajar.


“Mungkin nanti kalau etos belajar di setiap daerah bagus, tidak lagi ada UN yang dijadikan syarat lulus atau tidaknya seorang siswa,” ujarnya.

 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas