Kampusiana

Membahas Konglomerasi Media dan Penggunaan Frekuensi

[Suakaonline]-Media massa yang kehilangan independensi dan idealisme akibat konglomerasi media dan penggunaan frekuensi secara bebas menjadi permasalahan yang dibahas dalam Diskusi dan Pemutaran Film ‘Dibalik Frekuensi’, di UIN SGD Bandung, Kamis (02/05).


Pemutaran film dan diskusi tersebut diselenggarakan terkait hari buruh atau mayday yang diperingati pada 1 Maret.


Acara ini menguak menjamurnya konglomerasi media massa yang dikaitkan dengan politik, salah satunya dengan penggunaan frekuensi secara bebas yang berdampak pada hak-hak manusia. Selain itu, permasalahan mengenai profesi jurnalis pun turut diangkat, seperti kasus luviana dalam film ‘Dibalik Frekuensi’. Luviana ialah seorang reporter Metro Tv yang kehilangan haknya sebagai seorang pegawai media televisi sebagai akibat dari penguasaan frekuensi.

 

Ketua Jaringan Radio Komunitas Indonesia, Iman, memaparkan bahwa frekuensi merupakan kekayaan udara yang dimiliki oleh hidup orang banyak dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, seperti yang terkandung dalam pasal 33 ayat 3 UUD 1994.


Namun, sumber daya yang awalnya milik masyarakat tersebut, bergeser menjadi milik kepentingan tertentu seperti yang terjadi dalam media massa di Indonesia saat ini.


Banyaknya penguasaan frekuensi tidak akan mengurangi jumlah frekuensi di udara dan tidak akan berubah, yang berubah adalah tekhnologinya dan kemungkinan semakin banyak media yang menguasai,ujar Iman saat menjadi pembicara.


Dosen UIN SGD Bandung Wawan Gunawan sebagai pengamat tayangan televisi pun turut berpendapat bahwa penguasaan frekuensi saat ini berakibat pada banyaknya pemberitaan atau tayangan yang tidak mendidik dan mencerdaskan masyarakat.


”banyak media yang menginformasikan berita yang tidak penting, sehingga media yang seharusnya memberitakan hal-hal yang penting malah memberitakan hal-hal yang sensasional,” ujar Wawan.


Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas