Kampusiana

Meski Minim Fasilitas, UIN Bandung Bentuk Komunitas Sepeda

 

[Suakaonline]-Bersepeda kini menjadi gaya hidup yang cukup digandrungi anak muda, khususnya mahasiswa. Tak mau ketinggalan, di tengah infrastruktur kampus yang masih dalam tahap pembangunan dan minim fasilitas bersepeda, beberapa mahasiswa UIN SGD Bandung membentuk Komunitas sepeda dengan nama Pesepeda UIN Bandung.


Komunitas ini terbentuk melalui facebook group yang dibuat Rifki Abdul Fahmi, mahasiswa Jurnalistik semester IV. “Facebook group Pesepeda UIN Bandung saya yang buat, tapi kegiatan dan rutinitas bersepeda dimulai bersama,” tutur Rifki pada SUAKA, saat ditemui dalam kegiatan Friendship Touring yang diadakan oleh Pesepeda UIN Bandung, Minggu (5/5).


Komunitas yang belum lama terbentuk ini memiliki kurang lebih 60 anggota dalam facebook groupnya, mencakup mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan dan berbagai semester. “Dari 60 lebih anggota yang terdaftar yang aktif bersepeda baru sekitar 20 orang,”papar Rifki.


Gersang dan Langka BBM


Suasana kota Bandung dan kampus yang gersang, ditambah fenomena kelangkaan BBM menjadi motivasi terbentuknya Komunitas Pesepeda UIN Bandung.


“Bersepeda itu bisa menekan penggunaan BBM, juga menjaga kualitas lingkungan, yang mana akan menjadi aset bagi anak cucu kita nantinya,” pungkas Rifki selaku kordinator Komunitas Pesepeda UIN Bandung.


Kegiatan yang telah dilaksanakan komunitas ini antara lain membuat spanduk dan selembaran kampanye bersepeda. Selain itu, komunitas ini pun mengadakan berbagai acara seru seperti Friendship Touring atau tur sepeda. Friendship Touring yang mereka lakukan saat itu memiliki rute mulai dari kampus UIN SGD Bandung hingga Kiara Payung.


Tur tersebut menjadi tur pertama bagi anggota-anggota baru Komunitas Pesepeda UIN Bandung. “Alhamdulillah touring kali ini diikuti 14 anggota, tapi kedepannya kita berharap semua anggota ikut berpartisipasi,” jelas Rifki yang rutin bersepeda dari rumahnya di Pagarsih ke Kampus UIN Cibiru untuk kuliah.


 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas