Kampusiana

Kini Jurusan SPI UIN Bandung Berakreditasi A

 

[Suakaonline]-Setelah jurusan Manajemen Pendidikan Islam, kini jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) UIN SGD Bandung pun memiliki akreditasi A. Status akreditasi di jurusan yang telah berdiri selama 27 tahun ini telah diputuskan oleh Diknas pada 4 April 2013 lalu.


“Hasil yang membanggakan ini, akibat kerja kolektif antar lini yang mendorong SPI berakreditasi A,” ujar Ketua Jurusan SPI Ading Kusdiana saat ditemui di Fakultas Adab dan Humaniora, Senin (06/05).


Kelengkapan borang akreditasi dengan menyerahkan bukti fisik adalah syarat yang dipenuhi SPI dalam mengajukan akreditasi. Lama waktu dari pengajuan hingga diumumkannya hasil akreditasi yaitu enam bulan. Akreditasi ini akan berakhir pada 5 tahun setelahnya, tepatnya April 2018.


Pengaruh Akreditasi


Disinggung mengenai pengaruh akreditasi terhadap peluang kerja lulusan, Ading perpendapat bahwa peluang kerja itu sama terhadap semua lulusan. Pada akhirnya peluang kerja bergantung pada kreativitas mahasiswa itu sendiri.


Akreditasi A bukan menjadi beban mahasiswa, namun diharapkan mahasiswa bisa menikmati kualitas yang sama dengan jurusan yang akreditasi A lainnya. Tidak dipungkiri, ungkap Ading, dengan status akreditasi A ini bisa menjadikan suatu kebanggaan di dunia lapangan kerja.


“Harapannya, staff akademik jurusan SPI bisa tetap terus mempertahankan status akreditasi sekarang ini. Semua jurusan di UIN minimal semua bisa terakreditasi B. Karena tidak dipungkiri akan banyak imbas positif bagi masing-masing jurusannya tersebut,” pungkas Ading.

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas