Terkini

Perkembangan Komunikasi Menurut Everett M. Rogers

Infografik: Ismail Abdurrahman Azizi

Infografik: Ismail Abdurrahman Azizi

SUAKAONLINE.COM, Infografis, — Kemajuan yang dianggap penting adalah era komunikasi cetak yang ditandai dengan penemuan huruf cetak yang dapat dipindah-pindahkan oleh Johanes Guttenberg (1450), memulai era industri media, khususnya media cetak. Selain itu, kemajuan selanjutnya yang dianggap penting adalah pengoperasian telegraf, yang difungsikan pertama kali pada Tahun 1836.

Sejarawan Daniel Czitrom (1982) menyebut telegraf sebagai lighting lines untuk kecepatan, untuk gerakan, dan pengaruh transformasi seperti lampu yang menyolok.

Peluncuran satelit komunikasi pertama pada 1962 menandai kelahiran teknologi satelit. Sinyal-sinyal satelit ditangkap oleh antena berbentuk piring yang disebut stasiun bumi. Stasiun ini pada mulanya hanya mampu dimiliki oleh perusahaan komunikasi kabel.

Kini, kian banyak jumlah pemilik stasiun-stasiun bumi secara individual sejalan dengan harganya yang semakin turun dan wujudnya yang kian praktis. Piring-piring penerima ini juga memungkinkan pemirsa untuk menonton televisi langsung dari stasiun itu.

Pada awal perkembangan teknologi komunikasi ini, satelit yang ada diintegrasikan ke dalam infrastruktur telekomunikasi seperti PPT, perusahaan telepon dan lain-lain. Perkembangan ini menandai Revolusi Satelit I.

Saat ini, kita telah memasuki Revolusi Satelit II ditandai dengan komunikasi satelit yang dapat memotong jalur infrastruktur yang ada, seperti Direct Broadcast Satelit (DBS), Mobile Communication dan Private Network.

Selain meningkatkan pilihan pemirsa, satelit juga membuat mungkin terciptanya jaringan-jaringan pribadi yang sangat banyak dan masing-masing dapat disesuaikan menurut kebutuhan pemakai. Dengan menggunakan teknologi satelit, orang dapat melakukan komunikasi melalui hubungan telepon atau faksimili.

Sementara dalam perjalanan di mana saja berada, dapat berbelanja jarak jauh  (teleshopping), dapat melakukan teleconference yang meliputi seluruh negara  (nation- wide) atau seluruh dunia, tanpa harus meninggalkan rumah atau kantor, sehigga  video conference atau sistem networking telah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini.

Baca juga:  Jas Almamater Mahasiswa Baru 2017 Siap Dibagikan

Diolah dari Jurnal Akademik IAIN Sultan Amai Gorontalo Volume 12 Nomor 1 Juni 2015: Media dan Perubaan Sosial Budaya.

Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Suaka 2016

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas