Infografis

Islam Transformatif dan Reaktualisasi Islam

Infografik: Ricky Priangga/ Suaka

SUAKAONLINE.COM, Infografis, — Misi utama Islam adalah kemanusiaan sebab tauhid yang berpusat pada Tuhan harus diaktualisasikan dan ujung aktualisasinya adalah manusia. Islam harus menjadi kekuatan yang memotivasi secara terus menerus dan mentransformasikan masyarakat dengan berbagai aspeknya ke dalam skala-skala besar bersifat teoretis maupun praktisi yang perhatian utamanya pada masalah-masalah sosial-ekonomi, pengembangan masyarakat, penyadaran hak hak politik rakyat, orientasi keadilan sosial, dan sebagainya, bukan pada aspek-aspek doktrinasi dan teologi Islam.

Ajaran Islam harus menjadi kekuatan yang membebaskan manusia dan masyarakat dari belenggu kemiskinan, kebodohan, ketidakadilan dan keterbelakangan.

Agama harus terus menerus merumuskan apakah sesungguhnya yang sedang bergolak dalam sejarah, dalam pergumulan umat manusia di satu tempat sehingga agama tetap menemukan pesan dasarnya untuk menekan terjadinya dehumanisasi dan melakukan aksi emansipatoris.

Agama dalam hal ini tidak boleh berhenti melakukan pembacaan terhadap problematika umat (dengan bantuan ilmu-ilmu sosial), sebab hanya dengan itu, wahyu Tuhan bisa ditafsirk maknanya berkaitan dengan apa arti agama bagi perjuangan hidup.

Perspektif ini disebut dengan perspektif transformatif. Tugas agama dengan bantuan teori sosial (kritis), menurut perspektif ini adalah menciptakan ruang dan kesempatan agar masyarakat terlibat dalam satu proses dialog ”penciptaan struktur” yang secara fundamental baru, lebih baik dan lebih adil.

Itu sebabnya muncul gagasan tentang ilmu sosial transformatif yang tidakseperti ilmu-ilmu sosial akademis, tidak berhenti hanya untuk menjelaskan fenomena sosial namun berusaha mentransformasikannya.

Tim Llitbang LPM Suaka

Baca juga:  Mapping, Proses Adaptasi Maba Saintek
Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas