Politik dan Ekonomi

Rektor UIN Bandung: Harus Ada Transformasi Penegakan Hukum

[Suakaonline]-Rektor UIN SGD Bandung Deddy Ismatullah menegaskan perlunya transformasi penegakan hukum di Indonesia.

 

“Hukum harus dijadikan sebagai alat pengontrol bagi penguasa dan masyarakat, harus bisa membawa perubahan bagi seluruh lapisan masyarakat, dan hukum harus dijadikan sebagai budaya di lingkungan masyarakat,” ujarnya, Selasa (11/06), di Auditorium Fakultas Syari’ah dan Hukum.


Menurut Deddy, salah satu landasan utama penyebab degradasi penegakan hukum di Indonesia adalah minimnya pemahaman keilmuan yang dimiliki oleh para aparat penegak hukum di Indonesia.


“Mereka (aparat penegak hukum,-Red) sebatas dibekali oleh landasan kekuasaan saja, tetapi hal itu tidak diimbangi oleh pemahaman keilmuan yang cukup,” tuturnya.


Selain itu, hal tersebut sedikit banyak turut mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia. “Sekarang, rakyat republik ini sudah tidak percaya lagi pada penegakan hukum di Indonesia,” lanjutnya.


Ia menambahkan, bahwa salah satu indikator dari kepincangan penegakan hukum di Indonesia bisa dilihat dari beberapa contoh, misalnya ketidakmampuan hukum pidana yang ada saat ini untuk mengatasi perkara hukum lintas agama dan budaya di Indonesia.

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas