Kampusiana

Seminar Internasional HPI Bahas Teologi, Budaya, dan Hukum

[Suakaonline]-“The Rule of Theologi and Culture in The Development of Law Awareness of Society,” merupakan tema dari Seminar Internasional yang digelar Jurusan Hukum Pidana Islam (HPI) UIN SGD Bandung. Tema tersebut memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat.


Seperti dijelaskan oleh ketua OC Egi Nurrahman, bahwa terdapat tiga nilai penting dalam rangkaian kegiatan ini yaitu, teologi, budaya dan hukum.


“Dimana ke-3 komponen tersebut saling berkaitan dan memiliki hubungan timbal balik. Seperti hukumlah yang melibatkan terciptanya suatu budaya. Begitu juga dengan budaya yang akan memperkuat suatu hukum di masyarakat tertentu,” tambahnya di Aula Fakultas Syariah dan Hukum, Selasa (11/06).


Seminar Internasional ini merupakan seminar antara Indonesia dengan Jepang. Hubungan ini pun terjalin dikarenakan telah memiliki link yang cukup memadai dari dosen-dosen Hukum Pidana Islam.


“Sehingga semakin mempermudah terjalinnya hubungan dan rangkaian kegiatan tersebut.” ucap Egi saat wawancara di waktu yang sama.


Mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri menjadi tonggak dan sasaran utama dalam penyalur dari ketiga komponen dasar tersebut. Sehingga diharapkan dapat terciptanya kesadaran akan hukum, teologi ataupun budaya lokal masing-masing.


Rektor UIN SGD Bandung Deddy Ismatullah mengatakan bahwa ada beberapa fungsi dari ketiga komponen ini, yaitu mengontrol masyarakat, memberikan reformasi perubahan, menciptakan budaya hukum maupun politik hukum.


 

“Semua hal di atas selain dari fungsinya menciptakan kesadaran di kalangan masyarakat, menciptakan juga eksistensi diri serta menjalin hubungan yang baik di kalangan masyarakat dan umum,” ucap Egi yang juga membenarkan apa yang dikatakan Rektor.


Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas