Kampusiana

Pementasan Al-Hallaj, Teater Awal Janjikan Suguhan yang Menyentuh Hati

[Suakaonline]-Sutradara Al-Hallaj Yayan ‘khato’ Musiarso mengatakan garapan Teater Awal yang akan dipentaskan hari Rabu 31 Juli 2013 ini cukup menarik karena selain momentumnya tepat dengan bulan Ramadhan, ada gagasan ketuhanan dalam kisah Al-Hallaj yang menyentuh ruang pribadi siapapun yang menyaksikannya.


“Saya pribadi tersentuh dengan pikiran-pikirannya, tentunya banyak hal menarik tentang pengalaman batin, atau kalau al-hallaj bilang pengalaman sufinya,” ujarnya, Senin (29/07).


Yayan pun mengaku lewat membaca naskah ia tidak hanya memikirkan konsep panggung tetapi juga seperti mengkaji diri sendiri bahwa selain mendapat pengetahuan tentang sejarah peradaban islam.


Ia memaknai bahwa saat ini berbicara tentang sufi tentunya tak harus seperti orang-orang sufi pada zaman terdahulu. Kita bisa tetap menjadi sufi dengan perkembangan zaman seperti sekarang, artinya pikiran dan hati ya
ng akan terus diasah akan bisa menemukan jalan menuju Tuhan dengan cara masing-masing.


 

Di naskah ini disebutkan pula bahwa pengalaman sufi adalah karunia sejati. Menurut Yayan, masing-masing manusia memiliki pengalaman batin atau pengalaman sufinya tersendiri.


Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas