Kampusiana

Siapkan FEBI, FSH Buka Dua Prodi Baru

Dok. Suaka

Dok. Suaka

SUAKAONLINE.COM–, Tahun ini Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) membuka dua program studi (prodi) baru pada tahun ajaran 2016/2017. Dua prodi baru tersebut yaitu Akuntansi Syari’ah dan Ekonomi Syari’ah. Prodi baru di FSH juga ditawarkan pada Ujian Mandiri Gelombang II lalu.

Wakil Dekan III FSH Dudang Gojali mengatakan, dibentuknya prodi baru merupakan langkah awal UIN SGD Bandung dalam menyiapkan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI). Rencananya, FEBI didirikan dua tahun mendatang. “Hanya UIN Bandung yang belum mempunyai FEBI, maka UIN juga ambil bagian,” katanya, Senin (8/8/16).

Kepala Perpustakaan UIN SGD Bandung yang pernah menjadi tim pengajuan prodi tersebut, Ija Suntana menjelaskan adanya prodi baru merupakan anjuran dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis).  “Jadi Diktis meminta UIN Bandung agar membuat prodi yang nantinya akan dijadikan FEBI,” jelasnya, Selasa (16/8/16).

Ija mengatakan untuk tahun ini kedua prodi tersebut masing-masing memiliki satu kelas dengan kuota 40 mahasiswa. Terkait tenaga pendidik, menurutnya sudah banyak yang mumpuni dalam bidang prodi tersebut.

Menurutnya, adanya dua prodi baru ini sebagai alternatif dalam menyelesaikan persoalan ekonomi yang dihadapi Indonesia juga dunia. Sebab permasalahan di perbankan syari’ah saat ini, para karyawan tidak dibangun oleh sistem yang baik. Sehingga mereka hanya mengerti tentang menghitung ekonomi, namun kurang ahli dalam bidang syari’ahnya.

“Mereka tidak full kesyari’ahannya. Jadi kalau ada FEBI di kita, tentu itu akan menjawab permasalahan-permasalah yang ada di perbankan syari’ah,” lanjutnya.  Selain itu, adanya prodi baru sebagai kebutuhan pengembangan kampus. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya peminat calon mahasiswa baru dalam memilih prodi tersebut.

Reporter : Puji Fauziah

Redaktur: Ibnu Fauzi

Baca juga:  Mapping, Proses Adaptasi Maba Saintek

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas