Kampusiana

Sun Sudharta : Rasa Nasionalis Ciptakan Kedisiplinan Dan Keamanan Kampus

Kepala Staf Garnisun Tetap II, Sun Sudharta (kiri) menyampaikan materi mengenai Protokol Garnisun di Aula lantai 2 gedung H. Djauharuddin AR UIN SGD Bandung, Rabu (24/8). Kegiatan ini merupakan serangkaian dari Kursus Dinas Staf 2016 tingkat Nasional yang diadakan oleh Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi Berdiri Sendiri UIN SGD Bandung. (SUAKA / Nunung Nurhayati)

Kepala Staf Garnisun Tetap II, Sun Sudharta (kiri) menyampaikan materi mengenai Protokol Garnisun di Aula lantai 2 gedung H. Djauharuddin AR UIN SGD Bandung, Rabu (24/8/2016). Kegiatan ini merupakan serangkaian dari Kursus Dinas Staf 2016 tingkat Nasional yang diadakan oleh Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi Berdiri Sendiri UIN SGD Bandung. (SUAKA / Nunung Nurhayati)

SUAKAONLINE.COM, – “Rasa nasionalis itu perlu diasah, dengan adanya mahasiswa yang berpikir dan bersikap seperti menwa saat ini, diharapkan mampu menciptakan kedisplinan dan keamanan di lingkungan kampus,” kata Kepala Staf Ganisun Tetap (Kasgartap) II, Sun Sudharta, pada kegiatan Kursus Dinas Staf 2016 tingkat Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) Kompi Berdiri Sendiri UIN SGD Bandung, di Aula gedung Djauhari AR, Rabu (24/8/2016).

Dalam pemparannya, Sudharta menjelaskan tugas pokok Korps Ganisun Tetap (Kogartap) dalam mengemban tugasnya, yakni memelihara dan menegakan pokok-pokok kemiliteran untuk meningkatkan solidaritas guna persatuan dan kesatuan.

Dalam kursus, peserta tidak hanya dibekali materi keprajuritan, namun juga mengenai tata cara berpakaian dan bertindak dalam ziarah ke makam pahlawan dan berbagai upacara, baik penyambutan tamu negara ataupun upacara nasional Tentara Nasional Indonesia (TNI). Karena, penyelenggaraan hari kebangsaan, menjadi wujud nyata untuk menanamkan rasa kebanggaan dan jiwa korsa dalam rangka meningkatkan semangat juang dan mutu tugas yang baik. Hal tersebut mengacu kepada Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 28 tahun 2013 tanggal 20 Desember 2013 tentang Tata Upacara Militer Tentara Nasional Indonesia.

Sebelum diberi materi pendukung seperti prosedur hubungan dengan staf dan protokoler keprajuritan peserta terlebih dahulu dibekali pemahaman mengenai staf-staf organisasi seperti, staf pengamanan, staf operasi, dan admintrasi personalia.

Usai dibekali materi pendukung, peserta diharapkan mampu memupuk rasa bela negara, dan menjadi kader untuk menumbuhkan jiwa nasionalis di lingkungan masing-masing. Kegiatan yang berlangsung mulai Senin (20/8/2016) hingga Kamis (25/8/2016) tersebut juga bertujuan mengasah kemampuan peserta dalam mengelola manajemen organisasi sesuai fungsinya, sehingga mampu menjalankan roda organisasi menwa kedepannya.

Baca juga:  Pembangunan Rumah Deret Harus Dihentikan

Ketua Komandan Kompi, Wiguna mengatakan bahwa selama 29 tahun kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya dalam tingkat nasional. Tahun ini Kursus Dinas Staf diikuti oleh 24 peserta dari berbeda perguruan tinggi seperti Univeritas Siliwangi, Universitas Pasundan, UIN SGD Bandung dan Universitas Iskandar Muda. “Peserta yang mengikuti kursus, sebelumnya telah mengikuti pendidikan dasar kemiliteran pada Januari lalu. Setelah kegiatan selesai, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan dan menjalankan organisasi dengan baik,” kata Wiguna.

Reporter : Awallina Ilmiakhanza

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas