Kampusiana

OPAK Tahun Ini Kembali Digelar Tanpa Dema Universitas

dok. SUAKA

dok. SUAKA

SUAKAONLINE.COM, Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) akan segera digelar pada 29 – 31 Agustus mendatang. Namun hingga saat ini, Senat Mahasiswa (Sema) maupun Dewan Mahasiswa (Dema) selaku organisasi kemahasiswaan intra kampus tertinggi di UIN SGD Bandung belum juga terbentuk. OPAK yang seharusnya terlaksana dibawah kinerja Dema, tahun ini kembali diserahkan kepada panitia yang dibentuk oleh pihak kampus.

Padahal draft Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Intra (POKI) sebagai acuan pembentukan Dema Universitas telah dikeluarkan akhir Desember 2015 dan disahkan 23 Februari 2016 lalu. Menurut Kepala bagian Kemahasiswaan, Asep Saepudin Malik, hal tersebut bukan menjadi masalah, karena panitia OPAK sudah terbentuk. “Karena memang panitianya juga sudah dibentuk, dan tahun lalu pun masih terlaksana bahkan sukses juga,” kata Asep saat ditemui Suaka diruangannya, Senin (22/8/2016).

Selain OPAK, dengan belum terbentuknya Sema dan Dema Universitas, seharusnya Sema Fakultas maupun Dema fakultas juga belum bisa terbentuk. Karena kinerja Sema dan Dema di tingkat fakultas dibawah naungan Sema dan Dema Universitas. Namun, Asep juga mengkalim bahwa hal itu tidak menjadi masalah, karena semuanya sudah diserahkan sepenuhnya kepada pihak fakultas. Sehingga semua yang berurusan dengan Sema maupun Dema fakultas dikoordinasi oleh masing-masing fakultas.

Asep manambahkan, untuk Dema Universitas, masih dalam proses pembentukan dibawah pengawalan kampus, dan direncanakan akan dilantik akhir tahun 2016. “Yang ikut terlibat dalam hal ini diantaranya Pimpinan Universitas (Rektor), Fakultas dan Mahasiswa,” lanjut Asep.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua Bidang Logistic OPAK 2016, Asep Ristian. Menurutnya, OPAK tahun ini akan berjalan lancar karena seluruh panitia dituntut untuk semaksimal mungkin dalam melaksakan OPAK. “Kami ingin opak tahun ini berjalan lancar, oleh karenan itu seluruh panitia ikut dilibatkan dalam hal ini,” kata Asep Ristian, Kamis (18/8/2016). Untuk mekanisme pelaksanaan OPAK tahun ini masih sama seperti tahun kemarin, dimana semua pelaksanaannya diserahkan kepada pihak panitia yang telah terbentuk.

Baca juga:  Pemilihan Ketua Sema-U, Musti Kembali Ditunda

Mengenai OPAK tahun lalu, menurut Asep Saepudin berjalan lancar, meskipun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) belum juga selesai hingga saat ini. Pihak kemahasiswaan juga mengaku sudah melayangkan surat panggilan untuk segera menyelesaikan laporan pertanggung jawaban kepada panitia OPAK tahun 2015. “Itu kita sudah melayangkan surat panggilan kepada pihak panitia dan semuanya masih berjalan ko,” tambah Asep Saepudin.

Reporter : Hasna Salma

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas