Buletin

Buletin SUAKA Edisi April 1999

BULETIN SUAKA EDISI APRIL 1999

Editorial

1999Isu global yang menjadi wacana civitas akademika IAIN SGD Bandung, belakangan ini setidaknya bagi dosen dan aktivis mahasiswa adalah pergantian dan pemilihan rektor.

Proses suksesi tampuk pimpinan kampus ini nampaknya diwarnai dengan nuansa baru yang mungkin sebagai ekses dari angin reformasi. Betapa tidak, pemilihan yang dilaksanakan empat tahun sekali ini, pada periode sebelumnya selalu berlangsung dengan aman, lancar dan nyaris tidak diketahui sama sekali oleh mahasiswa, untuk tidak mengatakan tertutup.

Sekarang, prosess yang telah dimulai sejak bulan Januari lalu, justru berjalan tersendat-sendat. Meski peran mahasiswa dalam proses suksesi tersebut sama sekali tidak diatur dalam STATUTA (aturan main yang berlaku di IAIN), ternyata sekarang memilliki pengaruh yang besar. Setidaknya anggota Senat Institut (yangberwenang memilih rektor) mesti bersabar menghadapi tuntutan mahasiswa.

Rektor yang terpilih nanti memang cukup strategis, tetapi juga memilliki tugas cukup berat. Sebab nanti kita akan memasuki milenium ke-3 era yang disinyalir penuh tantangan dan kompetitif. Karenanya, siapapun yang terpilih dia harus cerdas, tangguh, moralis, reformis, amanah, terbuka dan selalu berdiri di atas kemaslahatan bersama.

Terbitnya buletin ini, sungguhpun agak telat, tidak mempunyai pretensi apapun. Tujuannya hanya satu, supaya menjadi saksi seluruh proses suksesi.

Kami sadar bahwa tidak mudah untuk merekam peristiwa, terutama ketika di sana terdapat beberapa kepentingan. Belum lagi sulitnya mewawancarai beberapa kandidat. Tapi tak apa-apa. Mungkin paradigma kita dalam memahami sebuah jabatan masih terpola oleh Orde baru. Jabatan masih dimaknai sebagai makhluk yang sakral. Padahal, semuanya tahu kalau jabatan itu hanyalah sebuah amanah, tak lebih. [Redaksi]

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas