Kampusiana

Rektor UIN Gelar 2 Workshop dalam 3 Hari

[Suakaonline] – Dalam rangka mewujudkan universitas yang unggul dan kompetitif, Rektor UIN SGD Bandung Deddy Ismatullah mengundang perwakilan Dema, SMF, HMJ, UKM dan UKK untuk mengikuti Pelatihan Penataan Organisasi dan Publikasi Penulisan Jurnal Online. Dilaksanakan selama tiga hari, (10-12/1) acara yang dihadiri Ketua Dema ini bertempat di Wisata Alam Pangjugjugan, Cilembu, Sumedang.

 

Selain menjadi ajang silatuhrahmi, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai pegiat organisasi intra UIN SGD Bandung terutama dalam mutu pendidikan.

 

Di hari pertama, pelatihan diisi oleh Rektor UIN SGD Bandung Deddy Ismatullah, M. Ali Ramdhani sebagai Wakil Rektor III dan Habbudin yang menjabat Kepala Biro A2K. Dialog terbuka antara Pihak Al-Jamiah dengan perwakilan Dema, SMF, HMJ, UKM dan UKK ini bertajuk Optimalisasi Peran Lembaga Kemahasiswaan dalam Peningkatan Kualitas Mahasiswa.

 

Dalam meningkatkan kualitas mahasiswa, Deddy mengatakan ada tiga hal yang harus dikuasai, “Kita harus eksis dalam berbagai hal, terutama dalam ilmu pengetahuan, olahraga dan kesenian,” ucapnya, Jumat (10/01).

“Mari kita bekerjasama. Semoga dengan adanya acara ini bisa memotivasi kita untuk menjadi mahasiswa berprestasi,” tutup Deddy saat menyampaikan epilognya menjelang Maghrib.

 

Sekitar pukul 18.30, pelatihan diteruskan dengan membahas Sistem Pengawasan Internal (SPI) yang difasilitatori oleh Wakil Rektor IV,  M. Najib. Di sesi pembahasannya Najib mengatakan SPI di UIN SGD Bandung adalah lembaga baru yang mempunyai empat tugas yaitu pengawasan, pengendalian, evaluasi, dan pengauditan. “Fungsi dari SPI tersebut adalah segala penggunaan uang negara harus ada laporan penanggung jawabannya,” paparnya, Jumat (10/01).

Di akhir pembicaraan, Najib tak luput menyertakan ranah-ranah yang harus SPI audit. Ranah tersebut yakni keuangan, aset, SDM dan akademik.

 

Materi pelatihan selanjutnya dititikberatkan pada pembahasan Administrasi Keuangan yang difasilitatori oleh Jaenudin, Kepala Biro A2K. Ia kemudian memaparkan sistem dan sumber keuangan yang terjadi di UIN SGD Bandung

 

“Sistem Keuangan di UIN sudah Badan Layanan Umum (BLU), atau lembaga yang memberikan pelajaran kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa secara nirlaba” terang Jaenudin. Jaenudin juga menerangkan bahwa tujuan BLU tak lain untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Menyoal sumber pendanaan, Jaenudin memaparkan bahwa sumber pendanaan di UIN ada dua yaitu dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sebesar 78,69 % dan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar 21,31 % di tahun 2014.

 

Di hari ke dua, pelatihan diteruskan dengan pembahasan Pedoman Pengguinaan Student Center (SC), Prakongres dan Penyempurnaan AD-ART pada Sabtu (11/01), yang difasilitatori oleh Wakil Rektor III, M. Ali Ramdhani. Dalam pembahasannya, Ali menyampaikan beberapa aturan yang akan diterapkan di gedung SC yang harus dipatuhi oleh setiap aktivis organ intra.

 

Pelatihan Penataan Organisasi selesai sekitar pukul 12.30 WIB, beberapa perwakilan SMF, HMJ, UKM dan UKK pulang ke Bandung, dan digantikan oleh perwakilan lain  yang akan mengikuti Pelatihan Publikasi penulisan Jurnal Online yang dimulai pada pukul 16.30 WIB.

 

Wakil Rektor III, M. Ali Ramdhani selanjutnya membuka Workshop Publikasi Penulisan Jurnal Online. Dengan tema “Disimilasi Keilmuan  melalui Jurnal Publikasi Online”, UIN mendatangkan fasilitator Denny Heryanto dan Edy Sutedi selaku mahasiswa asuhan Ali di Universitas Teknik Garut.

Ali mengatakan, di era globalisasi yang haus akan informasi, UIN harus ada pada posisi yang luar biasa, “Media online sebagai produk kontemporer harus dijadikan landasan ilmu sebagai perkembangan ilmu pengetahuan” ucapnya.

 

Dalam pembahasannya Denny dan Edy menjelaskan tentang penggunaan Open Journal System (OJS) dan Publikasi Jurnal Online dengan situs Jomlaa.

 

Di hari ketiga (12/01), setelah Denny dan Edy selesai menyampaikan materi, pelatihan diteruskan dengan Penulisan “Jurnal Media Online” yang difasilitatori oleh Asep Saeful Romli dan pembahasan “Media Online sebagai Publikasi Ilmiah Go Internasional” yang difasilitatori oleh Asep Saepul Muhtadi.

 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas